PENERAPAN METODE KISAH PADA KEGIATAN MEMBUKA PELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Labschool Jakarta kelas VII E)

MARIA ULFA, . (2017) PENERAPAN METODE KISAH PADA KEGIATAN MEMBUKA PELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Labschool Jakarta kelas VII E). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cv.pdf

Download (76kB)
[img] Text
judul, lembar pernyataan, lembar pengesahan, Daftar isi.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB 1, 2, 3, 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan Membuka Pelajaran tanpa menggunakan metode pada mata pelajaran PAI di SMP Labschool Jakarta membuat minat belajar siswa menurun. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan kegiatan membuka pelajaran, salah satunya adalah menarik perhatian dan motivasi siswa untuk menghadapi tugas-tugas pembelajaran yang akan dikerjakan, menarik perhatian merupakan salah satu aspek dari minat. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan minat belajar siswa kelas VII E SMP Labschool Jakarta menggunakan metode kisah. Penelitian ini menggunalan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Teggart. PTK dilakukan dikelas VII E SMP Labschool Jakarta dengan konsep bercerita didepan kelas sebelum kegiatan inti pelajaran dimulai. Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus untuk mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 50%. Dalam pengumpulan data minat belajar dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Adapun instrumen penilaian minat mengacu pada teori wingkel dan slameto. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan observasi minat belajar terus meningkat setiap siklusnya, hingga didapat hasil akhir minat belajar siswa mencapai 60,52% atau kriteria berminat. Adapun hasil angket menyatakan minat belajar siswa termasuk kriteria sangat berminat 88,22%. The activities are to open learning proses without using method on the subject of PAI in SMP Labshool Jakarta. It creates students’ motivation are decreasing. This is not appropriate with learning aim. To open learning process. To make students pay attention and motivate in learning. So that it can increase eight grades students of SMP Labshool Jakarta by implementing “Story Methode”. The research used classroom observation (PTK) with Kemmis dan Teggart model. The research has been done in three cycle to reach passing grade minimal 50%. Technigue of collecting the data through observation, interview, documentation, and assignment shee. To assess students’ motivation in learning process, it refferd wingkel and slameto theory. According of observation result by using observation. Every cycles, students’ motivation, in created until 60,52% or interesting criteria. Therefore observation sheet’s result to state students’ motivation reached 88,25 or very interesting criteria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Yusuf Ismail, M.Ag 2) Ahmad Hakam, MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:53
Last Modified: 13 Apr 2022 01:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26399

Actions (login required)

View Item View Item