PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN “KAJIAN FISIS FENOMENA GUNUNG BERAPI” UNTUK SISWA SMA

NUR QOMARIYAH, . (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN “KAJIAN FISIS FENOMENA GUNUNG BERAPI” UNTUK SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3215122035_NUR QOMARIYAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan pengetahuan dengan tema gunung berapi sebagai sumber belajar pendukung dalam kegiatan pengayaan fisika. Buku pengayaan pengetahuan “Kajian Fisis Fenomena Gunung Berapi” membahas aplikasi konsep perpindahan kalor, viskositas, dan termodinamika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan yang didesain Dick dan Carey. Sesuai dengan metode pengembangan yang digunakan, dilakukan evaluasi formatif terhadap buku pengayaan pengetahuan yang dikembangkan melalui uji kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli grafika, serta uji coba pengguna, yaitu guru dan siswa. Berdasarkan hasil uji kelayakan, diperoleh nilai rata-rata persentase dari ahli materi 92,67%, ahli media 82,29%, dan ahli grafika 98,75% yang masing-masing interpretasinya adalah “sangat baik”. Skor rata-rata likert yang diperoleh dari ahli materi adalah 4,63; ahli media sebesar 4,11; dan ahli grafika sebesar 4,95 dengan masing-masing kategori “sangat layak”. Produk pengembangan buku pengayaan pengetahuan diujicobakan kepada siswa kelas XI SMA Negeri 103 Jakarta. Uji efektivitas menggunakan uji gain ternormalisasi memberikan nilai gain sebesar 0,68 dengan interpretasi “sedang”. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, buku pengayaan pengetahuan “Kajian Fisis Fenomena Gunung Berapi” yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar pendukung pengayaan fisika dan dapat menambah pengetahuan siswa. This research aims to develop knowledge enrichment book with the theme of volcano as learning resources in physics enrichment activities. The knowledge enrichment book "Kajian Fisis Fenomena Gunung Berapi” discusses the application of physics concepts, specifically heat transfer, viscosity, and thermodynamics. The method used in this research is research and development method designed by Dick and Carey. In accordance with the development method used, formative evaluation conducted on the knowledge enrichment book through feasibility test by matter expert, media expert, and graphic expert, as well as user trials, teacher and students. Based on the result of feasibility test, the average percentage value by material expert is 92,67%, media expert is 82,29%, and graphic expert is 98,75% which each interpretation is "very good". The average Likert score obtained from the material expert is 4,63; media expert is 4,11; and graphic expert is 4,95 with each categorie is "very feasible". The knowledge enrichment book is tested to 11th grade students at SMA Negeri 103 Jakarta. The effectiveness test using normalized gain test provides gain value of 0,68 with "moderate" interpretation. Based on the evaluation that has been done, the knowledge enrichment book "Kajian Fisis Fenomena Gunung Berapi " is very feasible to be used as learning resources in physics enrichment activities and can increase students's knowledge.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desnita, M.Si 2) Drs. A. Handjoko Permana, M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:53
Last Modified: 13 Apr 2022 01:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26403

Actions (login required)

View Item View Item