PENILAIAN PESERTA DIDIK ATAS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH (Survei Pada Kelas XI Ilmu Sosial SMAN 26 Jakarta)

MARIO YUDHA PERKASA, . (2017) PENILAIAN PESERTA DIDIK ATAS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH (Survei Pada Kelas XI Ilmu Sosial SMAN 26 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi abstrak indo.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi abstrak inggris.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi cover.pdf

Download (104kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (690kB)
[img] Text
ORISINALITAS.pdf

Download (679kB)

Abstract

Penelitian ini disusun untuk menjelaskan tentang penilaian peserta didik terhadap perpustakaan sekolah. Perpustakaan yang seharusnya berperan sebagai sumber pembelajaran di sekolah tetapi pada kenyataannya sangat jarang dipergunakan oleh guru guru dan hanya dipandang sebelah mata saja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan pada lokasi penelitian yaitu SMAN 26 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS 1 sampai XI IIS 3 dan sampel yang diambil berjumlah 52 peserta didik. Data diambil menggunakan instrumen angket. Hasil pengujian menunjukkan bahwa peserta didik menilai pengelolaan perpustakaan sekolah di SMAN 26 Tebet Jakarta sudah dirasa Cukup. Hal ini dikarenakan koleksi yang beragam, koleksi audiovisual yang terdapat di perpustakaan sekolah, walaupun ada, namun tidak terlalu terlihat, pustakawan yang bekerja sangat aktif dalam menjaga perpustakaan sekolah, ruang perpustakaan letaknya lumayan strategis, perabotan yang sudah pasti bagus dan memadai, juga adanya tindakan prefentif dan tindakan kuratif dalam pemeliharaan. This research explain about students’ assessment of the school library management. Library have a role as learning source in school. But, in reality neither student or even teacher use it and is very underestimated. This research use quantitative approach with survey method which is located in SMAN 26 Jakarta. Population in this research is students from XI IIS1 class to XI IIS3 class and the sample taken is 52 students. Data received with questionnaire instrument. Test result showing student assessing school library management in SMAN 26 Tebet Jakarta with fair. This is because a lot of variety collections, including audiovisual collection, even though its exist, but not placed in a good place, active librarian maintaining school lib, strategic library’s room, good furnitures and equipments, also the existence of preventive and curative action.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Asep Suryana, S. Sos, M. Si, 2) Syaifuddin, M. Kesos,
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:57
Last Modified: 13 Apr 2022 01:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26404

Actions (login required)

View Item View Item