PENGGUNAAN MODUL BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI SMP N 67 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MARSELLA DWI RAHMAH, . (2011) PENGGUNAAN MODUL BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI SMP N 67 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Marsella_4915131394.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai penggunaan modul berbasis inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-A SMP N 67 Jakarta dari bulan Februari sampai bulan April 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan Tindakan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Observasi (observing) dan Refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dari hasil belajar siswa terjadi peningkatan pada tiap- tiap siklus. Pada siklus satu sebanyak 55% (20 siswa) mendapat nilai di atas KKM 73, siklus dua sebanyak 72% (26 siswa) mendapat nilai di atas KKM 73 dan siklus tiga sebanyak 83% (30 siswa) mendapatkan nilai di atas KKM 73. Selain itu modul pembelajaran berbasis inkuiri ini mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa yang dapat dilihat dari aspek percaya diri, disiplin, inisiatif, tanggung jawab dan motivasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar IPS yang lebih baik yaitu di atas standar KKM 73.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M. Si 2) Nova Scorviana H., MA
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:14
Last Modified: 13 Apr 2022 02:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26413

Actions (login required)

View Item View Item