PENGARUH SELF AFFIRMATION DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KINGDOM PLANTAE

NURUL FATIHAH, . (2017) PENGARUH SELF AFFIRMATION DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KINGDOM PLANTAE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NURUL FATIHAH 3415130993.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu tolak ukur atas keberhasilan dari pencapaian proses belajar. Hasil belajar itu sendiri tidak terlepas dari beberapa faktor. Faktor – faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar antara lain seperti self affirmation dan motivasi belajar. Pengaruh self affirmationdan motivasi belajar itu sendiri memiliki peranan penting dalam menentukan hasil belajar siswa. Karena untuk memperoleh hasil belajar yang baik, diperlukan adanya self affirmation dan motivasi belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self affirmation dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi kingdom plantae. Penelitian dilaksanakan di SMAN 4 Bekasi pada Februari-Juni 2017. Metode yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif-kausal menggunakan analisis jalur. Sampel yang digunakan sebanyak 144 siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh nilai koefisien jalur X1 terhadap X2 sebesar 0.730, X2 terhadap X3 sebesar 0.437, koefisien jalur X1 terhadap X3 sebesar 0.482, koefisien jalur X1 terhadap X3 melalui X2 sebesar 0,319. Learning outcomes is a measurement of succeses academic process. Laerning outcomes influences from some factors. Factors that can affect learning outcome student including self affirmation and motivation. The influence of self-affrimation and motivation has an important role in determining. Student needed self-affirmation and motivation to be obtained well learning outcomes This study aims to determine the effect of self-affirmation and motivation toward biology student learning outcomes of plantae kingdom. Research conducted at SMAN 4 Bekasi in FebruaryJuni 2017. The method used is survey research methods with quantitativecausal approach using path analysis. The sample used as many as 144 students. Based on hypothesis testing, the value of the path coefficient of X1 to X2 is 0.730, X2 to X3 is 0.437, value of the path coefficient of X1 to X3 is 0.484, value of the path coefficient of X1 to X3 through X2 is 0.319.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Eka Putri Azrai, S.Pd,M.Si 2) Erna Heryanti, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:35
Last Modified: 13 Apr 2022 02:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26418

Actions (login required)

View Item View Item