PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Studi Pada Siswa di SMPN 44 Jakarta)

WENDY, . (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Studi Pada Siswa di SMPN 44 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI WENDY. P.IPS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan Student Team Achievement Division. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMPN 44 Jakarta semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan menentukan sampel berdasarkan kriteria tertentu, kriteria yang digunakan berdasarkan rata-rata nilai UAS semester ganjil. Kelas eksperimen 1 yaitu kelas VIII-B (model GI) dengan kelas eksperimen 2 yaitu kelas VIII-E (model STAD). Dalam penelitian ini dilakukan uji coba sebanyak dua KD, yaitu pada KD 7.1 & KD 7.2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda yang pada masing-masing KD berjumlah 30 soal. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Menurut hasil tes pada dua KD yang berbeda, hasil belajar kelas eksperimen 1 yang mendapatkan model pembelajaran Group Investigation (GI) memiliki rata-rata hasil belajar IPS yang lebih tinggi dibandingkan dengan ratarata siswa kelas eksperimen 2 yang mendapatkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Berdasarkan perhitungan data penelitian, kedua kelas penelitian berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama atau homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji- dengan varians yang sama dan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil perhitungan hipotesis menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Student Team Achievement Division (STAD) pada kelas VIII di SMPN 44 Jakarta dalam KD 7.1 & 7.2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dian Alfia Purwandari, M.Si ; 2). Sujarwo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 Jan 2020 15:26
Last Modified: 08 Jan 2020 15:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2642

Actions (login required)

View Item View Item