PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL AZHAR 12 RAWAMANGUN

MAY RINTA SARI, . (2017) PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL AZHAR 12 RAWAMANGUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi May Rinta Sari (4115133787).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya rencana yang menyatakan full day school akan diterapkan di Indonesia dan dirasa akan lebih membangun karakter dari anak bangsa. SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun merupakan salah satu sekolah yang menjalankan program sekolah berbasis karakteristik dari full day school, yakni dari segi waktu lebih lama dibandingkan sekolah konvensional, adanya kegiatan tambahan untuk meningkatkan prestasi kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik, dan membangun karakter peserta didik dengan dilandasi bangunan akhlak yang diciptakan dalam konteks pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk Proses pembentukan karakter pada program full day school yang dilaksanakan di SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Juni 2016. Alat yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi yang dilakukan kepada Informan dan Key Informan. Informan dari penelitian ini terdiri dari tiga macam yaitu siswa, guru dan wali murid. Key Informan dalam penelitian ini ada dua yaitu kepala sekolah dan wakil kepala sekolah SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun. Kemudian dilengkapi oleh pendapat ahli Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program full day school mempengaruhi pengembangan karakter peserta didik terutama pembangunan dari sisi agama yang dapat melandasi setiap perilaku dari peserta didik. The background of this research is a plan about full day school will be implemented in Indonesia and it felt will be more good in nation character building. SMP Islam Al Azhar 12 Rawamagun is one of the school that implemented a full day school program, which in terms of time is more longer than convensional school, an additional activity to improving the cognitive, affective, and pshycomotoricprestation of student, and building character of student with good moral value that has been created in education context. This research use a qualitative methods, its purpose is for Character Building Process in full day school program that implemented in SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun. This research held in March until June 2016. The instrument that been use is observation, interview and also documentation to informan and key informan. The informan of this research consist of 3, which is students, teacher and parents. The key informan in this research consist of 2, which is headmaster and its vice of SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun. And aldo equipped by expert opinion. The results of this research show that full day school program have an effect of student character building, especially a spiritual things that can be a foundation of every act of student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Tjipto Sumadi, M.Si. 2) Drs. Agus Martono, M.Sc
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:01
Last Modified: 13 Apr 2022 03:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26427

Actions (login required)

View Item View Item