PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAAN VIDEO IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Mia Laksmi, . (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAAN VIDEO IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (480kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah media pembelajaran video IPA gaya listrik dan gaya magnet berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Pengambilan sampel menggunakan teknik validasi produk dengan ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan ahli guru (responden). Teknik evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif. Evaluasi ini dilaksanakan melalui tiga tahap uji coba, yaitu uji coba lapangan awal, uji coba lapangan, dan uji pelaksanaan lapangan. Hasil penelitian video IPA gaya listrik dan gaya magnet berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang telah dikembangkan menurut ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan ahli guru (responden) adalah sangat baik dengan presentase masing-masing sebesar 89,06%; 80,56%; 100%; dan 96,15%. Respon peserta didik pada uji coba lapangan awal adalah sangat baik. Respon peserta didik pada uji coba lapangan dan uji pelaksanaan lapangan adalah sangat baik dengan presentase masing-masing 96,05% dan 95,74%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video IPA gaya listrik dan gaya magnet berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk kelas IV SD yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs.Sutrisno M.Si 2) Dr. Fahrurrozi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Jan 2020 15:27
Last Modified: 08 Jan 2020 15:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2643

Actions (login required)

View Item View Item