PAHAM KEBANGSAAN DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KALANGAN REMAJA (Studi Kasus: SMA Negeri 3 Tangerang)

MEGAWATI BUAMONA, . (2017) PAHAM KEBANGSAAN DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KALANGAN REMAJA (Studi Kasus: SMA Negeri 3 Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MEGAWATI BUAMONA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini secara garis besar memiliki tiga tujuan utama. Pertama untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk penanaman paham kebangsaan dalam pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Tangerang. Kedua untuk mendeskripsikan bagaimana paham kebangsaan dalam pendidikan kewarganegraan di kalangan peserta didik SMA Negeri 3 Tangerang. Dan ketiga untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran paham kebangsaan dalam pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah beberapa peserta didik SMA Negeri 3 Tangerang dan guru mata pelajaran pendidikan kewaraganegaraan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara mendalam dan observasi langsung sejak 14 Febuari-14 Maret 2017. Dalam menganalisis paham kebangsaan dalam pendidikan kewarganegaraan, peneliti menggunakan konsep beberapa konsep, seperti; konsep bangsa dari Anderson, konsep penanaman paham kebangsaan, konsep paham kebangsaan, dan konsep evaluasi penanaman paham kebangsaan. Hasil penelitian memperlihatkan paham kebangsaan dalam pendidikan kewarganegaraan pada peserta didik yang dilakukan oleh pihak sekolah SMA Negeri 3 Tangerang khususnya guru terkait masih sangatlah minim bila diukur dengan konsep penanaman paham kebangsaan. Oleh karena itu, penanaman paham kebangsaan dalam pendidikan kewarganegaraan haruslah dilakukan dengan baik dan seksama, guna membuminya paham kebangsaan dalam pendidikan kewarganegaraan pada peserta didik. This research has three main objectives. First to describe how the form of nationalism cultivation in civic education in SMA Negeri 3 Tangerang. Secondly to describe how nationalism in civic education among students of SMA Negeri 3 Tangerang. And third to describe evaluation of nationalism learning in civic education at SMA Negeri 3 Tangerang. This research uses qualitative approach with case study method. Informants in this study are some students of SMA Negeri 3 Tangerang and subject teachers of citizenship education. Data collection technique is done through in-depth interview technique and direct observation since February 14th-14th, 2017. In analyzing nationalism in civic education, the researcher uses concept of several concepts, such as; The concepts of the nation from Anderson, the concept of nationalism, the concept of nationalism, and the concept of evaluation of nationalism cultivation. The results of the study show the nationalism in civic education on the students conducted by the school of SMA Negeri 3 Tangerang especially related teachers is still very minimal when measured by the concept of nationalism cultivation. Therefore, the cultivation of nationalism in civic education must be done well and thoroughly, in order to ground the nationalism in civic education in the learner.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Robertus Robet, M.A 2) Syaifudin, M.Kesos
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:12
Last Modified: 13 Apr 2022 03:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26433

Actions (login required)

View Item View Item