PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS

PLACIDIUS PURWANTI, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS_PLACIDIUS PURWANTI.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan mempertimbangkan Mathematical Habits of Mind (M) dengan model pembelajaran konvensional (K) dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (PM) dan disposisi matematika siswa (DM). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain faktorial 2 x 2 treatment by level. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes PM, angket DM, dan tes KAM. Sampel penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta terakreditasi A di Jakarta Pusat Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik multistage sampling. Teknik analisis menggunakan two way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan PM siswa yang mendapat perlakuan model M lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapat perlakuan model K, 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan PM, 3) Kemampuan PM yang mendapat perlakuan model M lebih tinggi dibandingkan dengan yang mendapat perlakuan model K pada kelompok siswa yang memiliki KAM tinggi, 4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan PM yang mendapat perlakuan model M dengan siswa yang mendapat perlakuan model K pada kelompok siswa KAM rendah, 5) Kemampuan DM siswa yang mendapat perlakuan M lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapat perlakuan model K, 6) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan DM, 7) Kemampuan DM siswa yang mendapat perlakuan model M lebih tinggi dibandingkan dengan yang mendapat perlakuan model K pada kelompok siswa yang memiliki KAM tinggi, 8) Tidak terdapat perbedaan DM siswa yang mendapat perlakuan model M dengan siswa yang mendapat perlakuan model K pada kelompok siswa KAM rendah. The objectives of the research are to see the influence of Problem Based Learning by considering Mathematical Habits of Mind (M) model with conventional (K) learning model and the prior knowledge of mathematic (KAM) toward the ability of mathematical problem solving (PM) and the mathematical disposition (DM). The method of research is using quasi experiment with factorial design 2x2 treatment by level. Data collecting technique of this research uses PM test, DM vote, and KAM test instruments. The population of the research is the students at “Sekolah Menengah Pertama Swasta terakreditasi A di Jakarta Pusat Tahun Pelajaran 2016/2017”. The sample of this research uses multistage sampling technique. The technique of analysis of the research uses two way ANOVA. The results of the research are: 1) the students of PM ability get M model treatment is higher than the students who get K model treatment, 2) there is interactive influence between learning model and KAM toward PM ability, 3) PM ability which has M model treatment is higher than the students who get K model treatment from the students group who have the high KAM, 4) there is no difference between students in the PM ability who get M model treatment with the students who get K model treatment for the low KAM of students group, 5) the students of DM ability who get M model treatment is higher than the students who get K model treatment, 6) there is interactive influence between learning model and KAM toward DM ability, 7) the MB ability that get M model treatment is higher than K model treatment for the students group who have the high score of KAM, 8) there is no difference of students DM ability who get M model treatment from the students who get K model treatment for the students group who have low score of KAM.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Wardani Rahayu, M.Si 2) Dr. Lukman El Hakim, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:17
Last Modified: 13 Apr 2022 03:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26436

Actions (login required)

View Item View Item