ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS TERINTEGRASI LINGKUNGAN HIDUP PADA SISWA MELALUI STRUKTUR PRO (PREMISE-REASONINGOUTCOME) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

PRAMITA CUCU MAWARNI, . (2017) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS TERINTEGRASI LINGKUNGAN HIDUP PADA SISWA MELALUI STRUKTUR PRO (PREMISE-REASONINGOUTCOME) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Pramita Cucu_3315133601_FMIPA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi berkaitan dengan literasi sains yang dimiliki oleh siswa dan menganalisis penggunaan struktur PRO (Premise-Reasoning-Outcome) yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menjelaskan sesuatu secara saintifik pada materi elektrolit dan non elektrolit terintegrasi pendidikan lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMAN 105 Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA A yang berjumlah 35 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Soal tes literasi sains digunakan sebagai instrumen, dilengkapi wawancara mendalam dan jurnal reflektif untuk menganalisis literasi sains siswa. Berdasarkan hasil soal tes literasi sains terdapat sekitar 14% dari keseluruhan siswa yang mampu menjawab soal hanya di Level 4. Terdapat 77% siswa yang mampu menjawab soal mencapai Level 5. Hanya 9% siswa yang mampu menjawab soal sampai level tertinggi, yaitu Level 6. Siswa juga sudah mampu melibatkan struktur PRO (Premise-Reasoning-Outcome) dalam setiap penjelasan mereka pada soal. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa sudah memiliki kemampuan literasi sains yang baik. This study aims to obtain information related to the literacy of science and to analyze the use of PRO (Premise-Reasoning-Outcome) structures used to measure students' ability to explain something scientifically on electrolyte and non electrolyte materials integrated environmental education. This research uses descriptive qualitative method. The study was conducted at SMAN 105 Jakarta in the academic year 2016/2017. The subjects of the study were students of class X MIPA A which amounted to 35 students taken using purposive sampling technique. The science literacy test was used as an instrument, complemented by indepth interviews and reflective journals to analyze students' science literacy. Based on the results of the science literacy test, there are about 14% of the students who are able to answer the questions only in Level 4. There are 77% of students who are able to answer the problem reaching Level 5. Only 9% of students are able to answer the problem to the highest level, ie Level 6. Students are also able to involve the PRO (Premise-Reasoning-Outcome) structure in their explanation of the problem. Based on this, it can be concluded that the students already have the ability of good science literacy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Agung Purwanto, M.Si 2) Irma Ratna K, M.Sc., Tech
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:22
Last Modified: 13 Apr 2022 03:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26438

Actions (login required)

View Item View Item