PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI ELEKTROKIMIA SMA

PUSMASARI GUSLIANTI, . (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI ELEKTROKIMIA SMA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 3.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (88kB)
[img] Text
cover, abstrak, daftar isi dll.pdf

Download (482kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh data bahwa modul pembelajaran yang ada belum menjelaskan secara detail manfaat kimia dalam kehidupan sehari-hari dan tidak memberikan informasi wirausaha yang dapat dikembangkan dari ilmu kimia terutama materi elektrokimia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran menggunakan pendekatan Chemoentreneurship pada materi elektrokimia serta mengetahui keefektifannya dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan Borg and Gall. Penelitian pengembangan ini mengikuti beberapa tahap , yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk (perencanaan, penyusunan, dan uji validasi oleh ahli media, materi, dan bahasa), uji coba oleh siswa dan guru dalam kelompok kecil dan besari dan revisi, serta tahap uji efektivitas produk Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Juli 2016 sampai bulan Maret 2017 di SMAN 5 Tambun Selatan SMA N 3 Tambun Selatan, SMAN 4 Tambun Selatan, SMAN 1 Babelan, dan SMAN 1 Cibitung. Data yang di peroleh dari penelitian ini berasal dari hasil angket uji vaslidasi ahli, hasil angket dari uji coba produk terhadap guru dan siswa, hasil angket uji efektivitas proses pembelajaran, lembar observasi dan hasil evaluasi. Hasil yang dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah: Pertama, uji coba oleh guru dan siswa terhadap modul pada proses pembelajaran menyatakan bahwa modul layak digunakan dengan interpretasi baik; Kedua, hasil uji efektivitas menyatakan modul pembelajaran pada proses pembelajaran kepada siswa secara efektif meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengacu pada hasil interpretasi diatas 75% dengan kategori sangat baik sehingga produk bahan ajar modul pembelajaran menggunakan pendekatan chemoentrepreneurship pada materi elektrokimia layak dijadikan sebagai bahan ajar kelas XII IPA semester 1 dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Based on the needs of analysis are obtained data that the existing learning modules have not explained detailly in detail the benefit of chemistry in daily life and either provide the entrepreneurial information that can be developed from the chemistry, especially electrochemistry lesson. The research aims to produce the learning module using the chemoentrepreneurship approach on the electrochemistry materials and know the effectiveness of learning process. The research method used is research and development method with the Borg and Gall approach. This development research takes several steps, i.e. the needs of analysis, product development (planning, arrangement, and validation test by the media expert, material and language), the trials by students and teachers in a small and large groups and a revisions, as well as test stages of product effectiveness research data collected by interviews and questoinnaires. It is begun from July 2016 until March 2017 at SMAN 5 Tambun Selatan, SMAN 3 Tambun Selatan, SMAN 4 Tambun Selatan, SMAN 1 Babelan, and SMAN 1 Cibitung. The data obtained from this study comes from the test result of expert validation test, the result of a questionnaire from a product trial against teachers and students, questionnaire test effectiveness of learning process, observation sheets and evaluation results. The results that can be concluded from this study are, first, trials by students and teachers on modules in learning process state that the module is worthly of use with good interpretation; second, the effectiveness test result states the learning module in the learning process to the students effectively improve the learning quality by referring to the interpretation result above 75 % with very good category so the learning materials teaching modules products using chemoentreneurship approach on electrochemical materials deserve to be used as teaching materials on XII IPA grade semester 1 and could be used on teaching process.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Maria Paristiowati, M.Si 2) Dr. Imam Santoso, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:39
Last Modified: 13 Apr 2022 03:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26446

Actions (login required)

View Item View Item