EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU BERASRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERADAPTASI SEBAGAI CALON GURU (Studi kualtitatif pada Asrama Program Profesi Guru Universitas Negeri Jakarta)

MIKA MARKUS, . (2017) EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU BERASRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERADAPTASI SEBAGAI CALON GURU (Studi kualtitatif pada Asrama Program Profesi Guru Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Mika Markus.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang efektivitas pendidikan berasrama terhadap kemampuan beradaptasi calon guru. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan secara cermat dan terperinci mengenai kegiatan program pendidikan berasrama terhadap kemampuan beradaptasi calon guru di Asrama Program Profesi Guru Universitas Negeri Jakarta dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan yaitu dari bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa program profesi guru dalam asrama seperti kegiatan rutin mengaji dan senam pagi, lalu kegiatan insidental seperti seminar-seminar keprofesian dan juga kegiatan esktrakurikuler untuk pengembangan potensi diri tersebut dapat membantu mahasiswa program profesi guru beradaptasi kehidupan di dalam asrama dan juga adanya peran orang tua asuh di dalam asrama dapat mendidik dan membina para penghuni asrama menjadi pribadi yang lebih terarah dan lebih baik. Hal tersebut dapat dilihat dari setiap kegiatan yang dilaksanakan para penghuni asrama dapat terlaksana dengan sukses dan juga konflik yang terjadi didalam asrama ini sangatlah minim sekali dan mahasiswa dapat hidup berdampingan dengan baik antar mahasiswa yang berbeda asal daerahnya. This study aims to analyze the effectiveness program of boarding education on adaptive capability of teachers. This research used qualitative method with descriptive approach to describe carefully and detailed about the activity program of boarding education on adaptive capability of teacher candidate in Dormitory of the Program Profession Teacher of Universitas Negeri Jakarta and data collection technique used are observation, interview, documentation and questionnaire dissemination. This research was conducted for four months from March to June 2017. The results showed that the activities undertaken by students program of profession teacher in the dormitory such as routine morning gymnastics activities, and incidental activities such as professional seminars and esktrakurikuler activities for development self potential can help students of programs profession teacher adapt life in the dormitory and Also the role of foster parents in the dormitory can educate and nurture the dormitory residents into a more focused and better person. This can be seen from every activity performed by the dormitory residents can be done successfully and also the conflicts that occur in this dormitory is very minimal and students can coexist well between different students from the region.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Achmad Husen M.Pd, 2) Dr. Sarkadi M.Si
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:57
Last Modified: 13 Apr 2022 03:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26448

Actions (login required)

View Item View Item