PENGARUH METODE ACCELERATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP IT AR-RUDHO

PUTRI KHAIRUNNISA, . (2017) PENGARUH METODE ACCELERATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP IT AR-RUDHO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2 Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 English Abstract.pdf

Download (173kB)
[img] Text
1 Cover Skripsi.pdf

Download (30kB)
[img] Text
7 Bab 3 (67-90).pdf

Download (385kB)
[img] Text
8 Bab 4 (91-106).pdf

Download (236kB)
[img] Text
5 Bab 1 (1-13).pdf

Download (243kB)
[img] Text
6 Bab 2 (14-66).pdf

Download (361kB)
[img] Text
Surat Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Surat Pernyataan.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Lampiran 30 Biodata Penulis.pdf

Download (117kB)
[img] Text
10 Daftar Pustaka Skripsi (111-113).pdf

Download (93kB)
[img] Text
Lampiran 1 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Eksperimen (114-140).pdf

Download (364kB)
[img] Text
9 Bab 5 (107-110).pdf

Download (58kB)
[img] Text
4 Abstrak s.d. Daftar Lampiran (iii-ix).pdf

Download (243kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari pembelajaran yang menggunakan metode Accelerated Learning dengan pendekatan SAVI terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas VII SMP IT Ar-Rudho, semester ganjil tahun ajaran 2017/2018, pada bulan Agustus 2017. Pokok bahasan yang diangkat adalah bilangan bulat yang mencakup pecahan, perpangkatan, KPK, dan FPB. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling untuk menentukan kelas eksperimen (metode Accelerated Learning berpendekatan SAVI) dan kelas kontrol (metode konvensional). Kedua kelas yang terpilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang homogen, serta memiliki kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematis yang terdiri dari 8 butir soal uraian. Instrumen tersebut telah lulus uji validitas isi, validitas konstruk, validitas empirik, dan reliabilitas. Perhitungan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil koefisien reliabilitas sebesar 0,7764 yang menandakan tingkat reliabilitasnya tinggi. Post-test berupa tes kemampuan koneksi matematis menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal serta memiliki varians yang homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05. Pengujian tersebut menghasilkan nilai thitung= 1,2579 dan ttabel= 1,6880 sehingga thitung < ttabel. Maka, keputusan ujinya adalah terima , yang berarti metode Accelerated Learning berpendekatan SAVI tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ratarata kemampuan koneksi matematis siswa dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional. This research determined whether there was any impact of learning using Accelerated Learning method with SAVI approach to students' ability to make mathematical connections. The research was conducted in August 2017, the first semester of academic year 2017/2018, and the research subject was VII grade students of SMP IT Ar-Rudho. The mathematical subject used in this research was integers covering fractions, powers, least common multiple (LCM) and greatest common divisor (GCD). The method of the research was quasi-experiment. Cluster random sampling was used as the sampling technique to determine the experimental class (Accelerated Learning method with SAVI approach) and controlled class (conventional method). The two selected classes were from normally distributed populations, had homogeneous variances and equal means. The instrument used in this research consisted of 8 word problems in the form of essay, and it tested students’ ability to make mathematical connections. The instrument had passed the test of content validity, construct validity, empirical validity and reliability. Calculation of reliability using Alpha Cronbach formula resulted in reliability coefficient of 0.7764 which indicated a high level of reliability. The result of the post-test showed that the experimental and controlled classes were normally distributed and had homogeneous variances. Therefore, hypothesis testing was run by using t-test with an alpha level of .05. The test yielded tvalue= 1,2579 and tdistribution= 1,6880 so tvalue < tdistribution. Thus, the test decision was to support the null hypothesis, which means that the Accelerated Learning method with SAVI approach did not have a significant impact on students’ ability to make mathematical connections compared to conventional method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Tri Murdiyanto, M.Si 2) Drs. Mulyono, M.Kom
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:55
Last Modified: 13 Apr 2022 03:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26450

Actions (login required)

View Item View Item