PUTRI WIDYA UTAMI, . (2017) PENGEMBANGAN BUKU FISIKA UNTUK MENDUKUNG HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_PUTRI WIDYA UTAMI_3215122036.pdf Download (8MB) |
Abstract
Telah dikembangkan sebuah buku fisika untuk mendukung High Order Thinking Skills. Pengembangan buku ini didasari bahwa proses pembelajaran menuntut perkembangan kemampuan berpikir siswa dari waktu ke waktu hingga siswa memiliki High Order Thinking Skills (HOTS). Oleh karena itu, buku fisika untuk mendukung HOTS dibutuhkan dalam rangka membiasakan sekaligus mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Buku fisika yang dikembangkan dapat membantu membangun pemahaman konsep, mengatasi miskonsepsi, dan memecahkan permasalahan pada materi fisika SMA kelas X semester ganjil melalui tahapan berpikir HOTS. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan Model Pengembangan Instruksional (MPI). Dari hasil uji validasi ahli pembelajaran (82.5%), uji validasi ahli media (81.2%), uji validasi ahli materi (87.6%), uji skala kecil oleh guru (82.1%), dan uji keterbacaan oleh siswa (80.6%), dengan menggunakan instrumen berskala Likert dengan pilihan skor 1-5 dan dari rata-rata keseluruhan hasil uji keterbacaan dapat dinyatakan bahwa buku fisika untuk mendukung HOTS mendapat interpretasi sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. We have developed a physics book for support High Order Thinking Skills. The development of this book is based on the fact that the learning process requires the development of students' thinking ability until students have High Order Thinking Skills (HOTS). Therefore, physics book for support HOTS is needed in order to familiarize and encourage students to think at a high level. The physics book developed can help build conceptual understanding, overcome misconceptions, and solve problems in physics material of 10th grade of high school students in odd semester through the stages of HOTS. The research method used is research and development (R & D) with Instructional Development Model. From the results of the validation test by instructional expert (82.5%), the validation test by media expert (81.2%), the validation test by subject matter experts (87.6%), the small scale test by teacher (82.1%), and the legibility test by students (80.6%), using Likert scale instruments with 1- 5 and from the overall average of readability test results can be stated that physics book for support High Order Thinking Skills gets very good interpretation and deserves to be used as instructional media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Fauzi Bakri, S.Pd., M.Si 2) Drs.Siswoyo, M.Pd |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 04:02 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 04:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26454 |
Actions (login required)
View Item |