AMALINA MAFAZI, . (2017) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI GURU DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA GURU SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI AMALINA MAFAZI_1125134533.pdf Download (7MB) |
|
Text
ARTIKEL JURNAL_AMALINA.pdf Download (406kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi guru dengan kesejahteraan psikologis pada guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan skala psikologi yang telah diadaptasi untuk pengambilan data pada penelitian ini yaitu Ryff’s Psychological Well-being Scale dari Carol D. Ryff (1989) dengan reliabilitas sebesar 0.95 dan The Teacher’s Sense of Efficacy Scale (TSES) dari TschannenMoran dan Anita Woolfolk Hoy (2001) dengan reliabilitas sebesar 0.80. Skala psikologi diberikan kepada 88 orang responden yaitu guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan analisis korelasi dan Winsteps 3.73 serta SPPS versi 16.0 sebagai aplikasi untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Berdasarkan perhitungan korelasi menunjukkan r hitung sebesar 0.213 dan nilai probabilitas (sig) sebesar 0.047. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan efikasi guru memiliki hubungan yang signifikan dengan kesejahteraan psikologis pada guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). The purpose of this study was to know the relations between teacher efficacy with psychological well-being among junior high school teacher with survey method and adapted psychological scale to collect the data which is Ryff’s Psychological Well-being Scale from Carol D. Ryff (1989) with reliability is 0.95 and The Teacher’s Sense of Efficacy Scale (TSES) from Tschannen-Moran and Anita Woolfolk Hoy (2001) with reliability is 0.80. The psychological scale has been given to 88 samples of respondent which is junior high school teacher with cluster random sampling technique. Researcher also used analytical correlation and Winsteps 3.73 also SPSS 16.0 version as application for testing the hypothesis of this research. The result of correlations analysis shown that r value 0.213 and probability score (sig) is 0.047. Conclusion this research result there is significant relationship between teacher efficacy with psychological well-being among junior high school teacher.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Irma Rosalinda, M.Si, 2) Irma Rosalinda, M.Si, |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 05:03 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 05:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26458 |
Actions (login required)
View Item |