ANASTASYA MARSELLA, . (2017) PENGARUH EMPATI TERHADAP KOMITMEN MENGAJAR PADA GURU SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. LEMBAR COVER.pdf Download (174kB) |
|
Text
4. LEMBAR PUBLIKASI SKRIPSI.pdf Download (252kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (247kB) |
|
Text
6. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (0B) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (180kB) |
|
Text
5. LEMBAR MOTTO & PERSEMBAHAN.pdf Download (225kB) |
|
Text
7. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (152kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (535kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (366kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (289kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (526kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (158kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (159kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh empati terhadap komitmen mengajar. Empati dapat ditinjau melalui 2 dimensi, yaitu: kognitif dan afektif. Sementara komitmen mengajar meliputi lima dimensi, yaitu: identifikasi dengan siswa, identifikasi dengan materi pelajaran, keterlibatan dengan siswa, keterlibatan dengan materi pelajaran, serta loyalitas dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Penelitian menggunakan instrumen empati yang diadaptasi dari instrumen a Questionnaire of Cognitive and Affective Empathy (QCAE), dan instrumen komitmen mengajar dimodifikasi dari instrumen komitmen mengajar berdasarkan teori dari Tyree. Cronbach alpha empati sebesar 0,90 dan untuk komitmen mengajar sebesar 0,84. Sampel penelitian ini sebanyak 72 responden, yaitu guru SD Negeri di DKI Jakarta. Penelitian ini menemukan terdapat pengaruh empati terhadap komitmen mengajar. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi dengan persamaan regresi Y = 0,733 + 0,723 X, artinya semakin tinggi empati, maka semakin tinggi komitmen mengajar seorang guru. Persentase pengaruh yang dihasilkan sebesar 14,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain The research is conducted to identify the effect of empathy on the teaching commitment. This research is seen from two dimensions: cognitive and affective. The teaching commitment is viewed from 5 dimensions: identification with students, identification with teaching subjects, the involvement of students, involvement in teaching subject, and loyalty to teaching. The research uses the quantitative method with questionnaire as an instrument of collecting data. The research uses the empathy instrument which is adapted from an instrument a Questionnaire of Cognitive and Affective Empathy (QCAE) and the teaching commitment instrument is modified from teaching commitment instrument based on Tyree theory. The empathy alpha Cronbach is 0,90 and teaching commitment is 0,84. The research samples are 72 respondents who are the elementary teachers in Jakarta. The research finds out that there is a effect of empathy on teaching commitment. Data analysis which is used in this research is regression analysis with regression equation Y= 0,733 + 0,723 X which means that if the empathy is higher, the teacher teaching commitment is higher. The percentage of the effect which is produced is 14,2% and the rest will be influenced by other factors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Iriani Indri Hapsari, M.Psi 2) Mauna, M.Psi |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 05:51 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 05:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26464 |
Actions (login required)
View Item |