HUBUNGAN ANTARA SELF-CONTROL DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR BIOLOGI BERBASIS INTERNET PADA PESERTA DIDIK

RAHMA AMALIA, . (2017) HUBUNGAN ANTARA SELF-CONTROL DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR BIOLOGI BERBASIS INTERNET PADA PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RAHMA AMALIA_3415136418.pdf

Download (2MB)

Abstract

Self-control adalah salah faktor yang menentukan keberhasilan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Self-control berfungsi untuk mengontrol perilaku dengan berorientasi pada keuntungan jangka panjang. Self-control berguna untuk mengontrol perilaku peserta didik. Salah satu perilaku yang harus dikontrol adalah saat peserta didik menggunakan media belajar biologi berbasis internet. Hal ini karena internet memiliki dampak negatif yang harus dihindari oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara selfcontrol dengan perilaku penggunaan media belajar biologi berbasis internet pada peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMAN 91 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2017. Uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Persamaan regresi yang didapat adalah ̂ y = 148, 153 + 0,368 X. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,368 yang berarti terdapat hubungan rendah antara self-control dengan perilaku penggunaan media belajar biologi berbasis internet pada peserta didik. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara self-control dengan perilaku penggunaan media belajar biologi berbasis internet pada peserta didik SMAN 91 Jakarta. Self-control is one of several factors that determine the students’ success in learning and teaching activities. Self-control functions to control behaviors orienting on the long-term benefits. Self-control aimed to control the behavior of the students. One of behaviors that should be controlled is the students’ behavior when they use internetbased Biology learning media. It was due to the fact that internet has negative impacts that should be avoided by the students. This study aimed to identify the connection between self-control and the students’ behavior in using internet-based Biology learning media. This study was conducted at SMAN 91 Jakarta on second semester of 2017. The pre-test revealed normal and homogenous distributed data. The equation of regression obtained was ̂ Y= 148, 153 + 0,368 X.The coefficient of correlation was 0,368, meaning that there was a low connection between self-control and the students’ behavior in using internet-based Biology learning media. Based on this study, it can be concluded that there was a positive connection between self-control and the behavior of students in using internet-based Biology learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Supriyatin, M. Si 2) Drs. Refirman D. J., M. Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 05:45
Last Modified: 13 Apr 2022 05:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26468

Actions (login required)

View Item View Item