Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Muatan IPS di Kelas V Sekolah Dasar

MILATUL HUSNA, . (2018) Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Muatan IPS di Kelas V Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan IPS di Sekolah Dasar. penelitian ini berlangsung dari bulan Mei-Juli 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kecamatan Menteng Jakarta Pusat pada ajaran semester genap. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik simple random sampling yaitu sampel secara acak, penelti menentukan sampel pada siswa kelas V di SDN Menteng 01 pagi, ditentukan kelas V-A sebagai kelas eksperimen menggunakan metode pembelejaran inkuiri dan kelas V-B sebagai Kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran ceramah. Hasil pengujian normalitas menunjukan bahwa Lhitung kelas eksperimen sebesar 0.126 dan Lhitung kelas kontrol sebesar 0.113. Kemudian Lhitung dibandingkan dengan nilai Ltabel dengan α = 0,05 untuk n = 29 yaitu 0.165 sehingga di dapat Lhitung < Ltabel, maka hipotesis nol ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas menunjukan bahwa Fhitung sebesar 0.95430 sedangkan Ftabel pada taraf signifikan α = 0.05 dengan derajat kebebasan 28 adalah 1.88. Oleh karena itu, Fhitung < Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok tersebut homogen. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis diperoleh thitung sebesar 3.869 dan ttabel pada taraf signifikan α = 0.05 dengan derajat kebebasan 54 adalah 3.48. Oleh karena itu diperoleh thitung > ttabel, artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima, yang berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan IPS antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan adanya perbedaan metode pembelajaran yang digunakan, terbukti bahwa metode pembelajaran Inkuiri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran muatan IPS siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Arifin Maksum, M. Pd 2) Tunjungsari Sekaringtyas, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Jan 2020 15:35
Last Modified: 08 Jan 2020 15:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2647

Actions (login required)

View Item View Item