PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MULTIMEDIA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK SMA KELAS X

RAHMAT FADRIKAL, . (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MULTIMEDIA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK SMA KELAS X. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3436149241_Rahmat Fadrikal.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kompetensi yang harus dimiliki peserta didik adalah bertanggung jawab terhadap lingkungan dan menguasai media, teknologi informasi, dan komunikasi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan 100% peserta didik memiliki dan sudah bisa menggunakan perangkat komputer atau laptop. Walaupun begitu, telepon pintar, komputer, dan laptop belum banyak digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang banyak digunakan di sekolah adalah buku cetak (27%). Oleh karena itu, perlu dikembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKP) multimedia materi pencemaran lingkungan sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji keefektifan LKP multimedia materi pencemaran lingkungan sebagai media pembelajaran biologi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April - Mei 2016 dengan tempat penelitian di SMAN 77 Jakarta dan SMAN 21 Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 197 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D). Metode Quasi Eksperimen digunakan untuk menguji keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKP multimedia materi pencemaran lingkungan layak sebagai media pembelajaran biologi. Hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikansi (p)=0,00, dengan rata-rata kenaikan nilai sebesar 3,97. Hasil uji tersebut menggambarkan bahwa peserta didik yang yang menggunakan LKP multimedia materi pencemaran lingkungan mengalami kenaikan skor dari pre-tes ke pos-tes secara signifikan sebayak 3,97. The competencies which are supposed to be owned by students are having the responsibility of the environment and mastering the media, information technology, and communications. Based on the needs analysis, 100% of students own and are able to use a computer or laptop. However, smart phones, computers, and laptops have not been widely used as the media of learning. Instructional media that is widely used in schools is a textbook (27%). Therefore, it is important to develop Worksheet (LKP) multimedia based, for the topic of environmental pollution as a medium of learning. This study aimed to develop and test the effectiveness of the multimedia worksheet for the topic of environmental pollution as a medium of biology learning. The study was conducted in April-May 2016, located in SMAN 77 Jakarta and SMAN 21 Jakarta. The samples were taken form 197 people. The methods used in this research was research and development (R & D) method. QuasiExperimental method is used to test the effectiveness of the product. The result showed that LKP multimedia worth as a medium of learning. Wilcoxon test results obtained significance value (p) =0.00, with an average increase in final result at 3.97. The test results indicated that students who used multimedia worksheet for the topic of environmental pollution experienced scores raising from pre-test to post-test were significantly at 3.97.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Diana Vivanti S., M.Si 2) Dr. Adisyahputra, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 05:56
Last Modified: 13 Apr 2022 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26470

Actions (login required)

View Item View Item