Milawati, . (2018) PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE KECAMATAN TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (55kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (93kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (31kB) |
|
Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (37kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD. Populasi penelitian ini adalah SD di kecamatan Tanjung Priok dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDS Taman Harapan Jakarta Utara sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay dan kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung=4,213 dan ttabel=1,699 pada dk=30 dan taraf signifikan 0,05 sehingga Hi diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan inkuiri berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan inkuiri dapat dijadikan sebagai salah satu upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Yurniwati, M. Pd, 2) Dr. Ir. Arita Marini, M.E, |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 15:37 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 15:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2648 |
Actions (login required)
View Item |