ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN TAMBAK KE KAWASAN INDUSTRI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah)

MUHAMAD ASHARIANTO, . (2017) ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN TAMBAK KE KAWASAN INDUSTRI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Muhammad Asharianto (4915133408).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alih fungsi lahan pertanian tambak ke kawasan industr. Berupa faktor-faktor terjadinya alih fungsi lahan serta perubahan yang terjadi akibat alih fungsi lahan yang terjadi di Desa Mororejo. Untuk mendapatkan gambaran secara jelas mengenai alih fungsi lahan pertanian tambak ke kawasan industri terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Beberapa teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data yang terkumpul diperiksa dengan menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan peningkatan ketekunan pengamatan. Analisis data yang digunakan dalam mengolah data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dana penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang menyebabkan terjadinya konversi lahan atau alih fungsi lahan karena faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu adanya keinginan untuk meningkatkan taraf hidup, dan berkurangnya minat masyarakat dalam bermata pencaharian di sektor pertanian tambak. Sedangkan faktor eksternal meliputi adanya kesempatan kerja dan lahan tambak yang sudah tidak produktif. Alih fungsi lahan pertanian tambak ke lahan industri membawa perubahan bagi masyarakat Desa Mororejo, dalam mata pencaharian yang semula disektor tambak kini beralih ke mata pencaharian yang beragam. Beralihnya mata pencaharian masyarakat mengubah kehidupan sosial masyarakat Desa Mororejo dengan berubahnya interaksi masyarakat hingga menimbulkan perbedaan status sosial masyarakat atau stratifikasi di masyarakat Desa Mororejo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eko Siswono, M. 2) Martini, SH, MH
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:31
Last Modified: 13 Apr 2022 06:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26484

Actions (login required)

View Item View Item