PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTOH BUKAN CONTOH (EXAMPLES NON EXAMPLES) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA

MUHAMAD KAWIYU, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTOH BUKAN CONTOH (EXAMPLES NON EXAMPLES) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Muhamad Kawiyu.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Examples non Examples terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Diponegoro 1 Jakarta dari bulan April sampai Desember 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Diponegoro 1 Jakarta yang berjumlah 574 siswa, sedangkan populasi terjangkaunya siswa kelas XI IIS, terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 105 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel yang diambil dua kelas yaitu kelas XI IIS-4 dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IIS-3 dengan jumlah siswa 35 orang sebagai kelas kontrol. Hasil uji coba instrumen dengan menggunakan rumus Spearman Brown menghasilkan 40 soal dari 50 soal, dan diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,964 yang berarti instrumen dapat digunakan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0,114) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lh (0,141) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh 2hi (0,371) < 2ta (3,84) maka varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 3,504 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Examples non Examples terhadap hasil belajar sejarah di SMA Diponegoro 1 Jakarta. This research aims to get empirical data about the influence of the influence of the model of teaching Examples non Examples of the results of learning history. This research done in SMA Diponegoro 1 Jakarta from April until December 2016. The research approach that is used is quantitatively with the method of the experiment. The target population in this research is the entire student SMA Diponegoro 1 Jakarta which numbered 574 students, while the population terjangkaunya grade XI IIS, consists of 4 class which numbered 105 students. Sampling techniques using simple random sampling. Samples taken two classes namely grade XI IIS 4 with the number of students 32 people as a class experiment and XI IIS 3 with the number of students 35 people as control classes. The results of the trial the instrument using the formula Spearman Brown produce 40 questions from 50 questions and obtained the value of the reliability of 0,964 which means the instrument can be used. Analysis requirements tests using normalitas tests using Lilliefors test in class experiment obtained Lh (0,114) < Lt (0,148) then the spread of the data berdistribusi normal and on the control class obtained Lh (0,141) < Lt (0,148) then the spread of the data berdistribusi normal. Homogenitas tests using Barlett tests and obtained 2hi (0,371) < 2ta (3,84) then varians homogeneous. Hypothesis testing using t test formula produces thitung 3,504 > ttabel 2.00 on equal trust 95% (α = 0.05), then H0 rejected and H1 received. It can be concluded that there is the influence of the model of teaching Examples non Examples of the results of learning history in SMA Diponegoro 1 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Djunaidi, M.Hum 2) Dra. Yasmis, M.Hum
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:37
Last Modified: 13 Apr 2022 06:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26486

Actions (login required)

View Item View Item