SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 67 JAKARTA SELATAN

MIS ADLINA, . (2018) SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 67 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover halaman depan.pdf

Download (91kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (547kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (595kB)
[img] Text
11.a Bab 1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
11.d Bab 5.pdf

Download (96kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi akademik di SMP Negeri 67 Jakarta Selatan. Dalam penelitian mengenai supervisi akademik berfokus pada perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik dan evaluasi supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan sampling purposive. Wawancara dilakukan kepada Informan Kunci yaitu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan didukung oleh informan pendukung yaitu Staff Kurikulum dan juga guru senior yang tugas sebagai supervisor . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah perencanaan supervisi akademik dilakukan dengan diawali rapat koordinasi dan sosialisasi, pembentukan tim supervisi yang terdiri dari Kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Staff Kurikulum, dan guru senior, selanjutnya pembuatan jadwal supervisi, pembagian tugas dan juga menyiapkan instrument penilaian supervisi. Pada tahap pelaksanaan supervisi akademik, diawali dengan pengumpulan dokumen-dokumen pembelajaran guru, dan melakukan kunjungan kelas, setelah itu hasil dari penilaian tersebut didiskusikan bersama dengan guru yang bersangkutan. Tahap yang terakhir yaitu evaluasi supervisi akademik, yang diawali dengan persiapan dokumen dan hasil penilaian instrument, lalu ditarik kesimpulan dimana materi yang harus diperbaiki. Kemudian sekolah mengadakan workshop atau pelatihan sebagai bentuk tindak lanjut dari evaluasi supervisi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Madhakomala, M.Pd 2) Dr. Supadi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Jan 2020 15:39
Last Modified: 08 Jan 2020 15:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2649

Actions (login required)

View Item View Item