MINAT BELAJAR SEJARAH DI SMA TUNAS MARKATIN JAKARTA TIMUR

MUHAMMAD FADHIEL ZAMZAMI, . (2017) MINAT BELAJAR SEJARAH DI SMA TUNAS MARKATIN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Minat Belajar Sejarah di SMA Tunas Markatin Jakarta Timur.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Belajar Sejarah Di SMA Tunas Markatin Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei. Data yang didapat dari siswa di SMA Tunas Markatin Jakarta Timur yang berjumlah 30 orang siswa, yang ditetapkan secara purposive sampling. Teknik pengukuran data menggunakan Skala Guttman ialah skala yang digunakan untuk jawaban yang bersifat tegas (jelas) dan konsisten, siswa diminta mengisi kuesioner menggunakan Skala Guttman dengan cara men-checklis jawaban pada kolom Ya dan Tidak. Skor nilai untuk pernyataan positif Ya yaitu 1 dan Tidak yaitu 0 dan skor nilai untuk pernyataan negatif Tidak yaitu 1 dan Ya yaiu 0. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, dimana hasil penelitian di deskriptifkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Minat Belajar Sejarah di SMA Tunas Markatin Jakarta Timur secara umum rata-rata 89 persen, termasuk dalam kategori Sangat Tinggi. Hasil persentase Minat Belajar Sejarah di SMA Tunas Markatin Jakarta Timur dapat dilihat dari enam indikator minat belajar yaitu perasaan siswa terhadap pelajaran sejarah, kepemilikan buku catatan sejarah, pemberian tanda catatan penting, pemahaman terhadap pelajaran sejarah, latihan menjawab soal-soal sejarah, dan keberanian bertanya. Nilai rata-rata dari setiap indikator yaitu : perasaan siswa terhadap pelajaran sejarah 91 persen (Sangat Tinggi), kepemilikan buku catatan sejarah 90 persen (Sangat Tinggi), pemberian tanda catatan penting 93 persen (Sangat Tinggi), pemahaman terhadap pelajaran sejarah 93 (Sangat Tinggi), latihan menjawab soal-soal sejarah 83 persen (Sangat Tinggi), dan keberanian bertanya 93 persen (Sangat Tinggi). This study aims to determine the Interest of Learning History in SMA Tunas Markatin East Jakarta. This research uses descriptive method with survey technique. Data obtained from students in SMA Tunas Markatin East Jakarta, amounting to 30 students, determined by purposive sampling. The data measurement technique using Guttman Scale is the scale used for answers that are firm and consistent, the students are asked to fill out the questionnaire using Guttman Scale by checking the answers in the Yes and No columns. Score value for positive statements Yes ie 1 and No is 0 and score score for negative statements No ie 1 and Ya yaiu 0. Data analysis techniques using descriptive analysis techniques, where the results of research in descriptive. The results of this study indicate that the interest in History Learning in SMA Tunas Markatin East Jakarta in general an average of 89 percent, including in the category Very High. The percentage of Learning Interest History in SMA Tunas Markatin East Jakarta can be seen from the six indicators of interest in learning: students' feelings on history lessons, ownership of history books, important notes, understanding of history lessons, exercises to answer historical questions, and courage to ask questions . The average score of each indicator is: student's feelings on 91 percent history lessons (Very High), 90 percent history book history (Very High), important notes 93 percent (Very High), understanding of history lesson 93 High), exercises answered 83 percent (Very High) historical issues, and courage to ask 93 percent (Very High).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Nurzengky Ibrahim, M.M. 2) Drs. Abrar, M.Hum.
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 01:13
Last Modified: 14 Apr 2022 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26499

Actions (login required)

View Item View Item