Yanuar AL-Fiqri, . (2015) PERKAPALAN NUSANTARA ABAD 16-18 MASEHI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK, LEMBAR PENGESAHAN, DAFTAR ISI, DLL.pdf Download (375kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (35kB) |
|
Text
SKRIPSI_BAB I-BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pembahasan mengenai teknologi perkapalan Nusantara pada perkuliahan di jurusan sejarah fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Bertujuan untuk mendeskripsikan teknologi perkapalan Nusantara pada masa abad 16-18 M, yang terdiri dari jenis-jenis kapal, teknik pembuatannya serta ciri-ciri yang dimiliki oleh kapal-kapal Nusantara tersebut. Penelitian ini menggunakan metode historis, dengan langkah-langkahnya yaitu heuristik, kritik ekstern dan intern, verifikasi dan terakhir historiografi. Sumber-sumber sejarah yang digunakan adalah sumber sejarah sekunder, dan didukung oleh sumber-sumber etnografi yaitu pada penjelasan mengenai teknik pembuatan kapal-kapal Nusantara, dikarenakan sumber sejarah yang ada tidak dapat menjelaskan secara lebih rinci mengenai teknik pembuatan kapal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa teknologi perkapalan Nusantara pada abad 16-18 M memiliki sejarah yang panjang. Teknologi pembuatan perahu lesung orang-orang Austronesia pada masa sebelum masehi menjadi cikal bakal dari teknologi pembuatan kapal dan perahu Nusantara pada masa setelahnya. Pembuatan perahu lesung bercadik Austronesia yang menggunakan teknik Sewn plank-Lashed lug, nantinya berevolusi menjadi kapal-kapal yang lebih besar. Proses evolusi ini disebabkan oleh faktor ekonomi dan teknologi dimana perdagangan laut menjadi semakin ramai dan kebutuhan akan sarana angkutan barang dagangan yang lebih besar dan berteknologi tinggi menjadi syarat utama. Kapal dan perahu Nusantara pada abad 16-18 M seperti kapal Jong, Padewakang, Mayang dan Kora-kora serta perahu-perahu tipe lesung seperti Jukung dan Paduwang dibuat dan digunakan oleh orang-orang Nusantara dengan disesuaikan ciri-cirinya dengan kondisi alam, ketersediaan bahan baku pembuatan serta kondisi sosial ekonomi Nusantara pada masa itu. Teknik pembuatan kapal dan perahu Nusantara abad 16-18 M menunjukkan bahwa kapal dan perahu dibuat dengan menggunakan bahan kayu dan disambung menggunakan pasak kayu tanpa sambungan besi sama sekali. Teknik yang dikenal dengan nama teknik Plank dowelled ini secara umum diterapkan di seluruh kapal dan perahu Nusantara pada abad 16-18 M. Sumber-sumber visual dari lukisan-lukisan sejarah dan rekonstruksi para pakar perkapalan menunnjukkan bahwa ciri-ciri yang ada pada kapal dan perahu Nusantara abad 16-18 M adalah sebagai berikut; Sistem kemudi yang menerapkan dua kemudia samping, bentuk lambung yang simetris (Double ended) dan menggunakan layar dengan tipe Tilt rectangular (layar Tanjaq). Keunggulan dari sistem kemudi samping ini adalah sangat cocok digunakan di wilayah perairan Nusantara yang banyak terdapat laut sempit dan laut dangkal berkarang. Ciri-ciri perkapalan ini pun menjadi karakteristik khas pada kapal dan perahu Nusantara pada masa setelah abad 18 M. Sistem kemudi samping dan lambung simetris masih tetap diterapkan pada kapal kayu tradisional modern Indonesia, dan pada perahu-perahu kecil terutama yang masih menggunakan layar sebagai penggerak kapal. Kemampuan orang-orang Nusantara, dalam membuat sendiri kapal dan perahu, menjadikan orang-orang Indonesia masa kini jarang bergantung pada produk perkapalan Negara lain, terutama para nelayan Indonesia. Nelayan di hampir seluruh wilayah Indonesia tetap menggunakan dan membuat kapal dan perahu nelayan mereka masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan tradisi di masing-masing wilayah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Sri Martini,S.S.,M.Hum ; 2). Sugeng Prakoso,S.S.,M.T |
Subjects: | Ilmu Sejarah > Kumpulan Peristiwa Tertentu |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 15:52 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 15:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2651 |
Actions (login required)
View Item |