HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN COPING STRESS PADA UJIAN AKHIR PRAKTIKUM STRUKTUR DAN PERKEMBANGAN HEWAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

REISKA OKTAVIANA, . (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN COPING STRESS PADA UJIAN AKHIR PRAKTIKUM STRUKTUR DAN PERKEMBANGAN HEWAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_REISKA OKTAVIANA_3415130999.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa pendidikan Biologi mengalami stres pada saat ujian akhir praktikum Sruktur dan Perkembangan Hewan karena ujian akhir praktikum menggunakan tata cara tersendiri dalam melaksanakan ujiannya. Mahasiswa akan melakukan coping stres untuk mengurangi stres yang dirasa. Coping stres berkaitan dengan kecerdasan emosional yang dimiliki oleh mahasiswa. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengatur emosi diri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan coping stress pada ujian akhir praktikum Struktur dan Perkembangan Hewan mahasiswa pendidikan Biologi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April sampai Mei tahun 2017. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif studi korelasional. Jumlah sampel sebanyak 105 mahasiswa pendidikan Biologi angkatan 2014 dan 2015. Uji Prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan coping stress pada ujian akhir praktikum Struktur dan Perkembangan Hewan dengan koefisien sebesar 0,695 pada persamaan Ŷ = 37,947 + 0,695X. Kecerdasan emosional memberikan kontribusi terhadap coping stress pada ujian akhir praktikum Struktur dan Perkembangan Hewan sebesar 48,3%. Biology education students experience stress during the final exam practice Structure and Development of Animals because the final exam practice using a separate procedure in the implementation. Students will do coping stress to reduce the perceived stress. Coping stress relates to emotional intelligence of students. Emotional intelligence is the ability of a person to manage the emotions of self as well as others. This study aimed to determine the correlation between emotional intelligence and final exam practice Structure and Development of Animals among Biology education Students of UNJ. This research was conducted from April until Mei in 2017. The method used was descriptive correlative studies. The samples were 105 students of Biology education branch of 2014 and 2015. Data showed in normal distribution and homogeneous. The results of hypothesis test showed that there was positive correlation between emotional intelligence and final exam practice Structure and Development of Animals with a correlation coefficient 0.695 in the equation Ŷ = 37.947 + 0.695X. Emotional intelligence contributes to final exam practice Structure and Development of Animals amounted to 48.3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed 2) Dra. Yulilina Retno D., M.Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 01:31
Last Modified: 14 Apr 2022 01:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26510

Actions (login required)

View Item View Item