Gaya Mengajar Guru Fase Dewasa Tengah Menurut Psikologi Perkembangan dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 65 Jakarta

MUHAMAD LUTHFI, . (2017) Gaya Mengajar Guru Fase Dewasa Tengah Menurut Psikologi Perkembangan dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 65 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Abstrak Bahasa Inggris dan Indonesia.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (19MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (17MB)
[img] Text
Motto sampai Daftar Isi.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai gaya mengajar yang diterapkan oleh guru yang memasuki fase dewasa tengah atau dewasa madya dalam kegiatan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 65 Jakarta. Penelitian dilaksanakan selama empat bulan, yaitu membentang sejak bulan Juli sampai Bulan Oktober 2016 di kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XII IPA 1, XII IPS 1, dan XII IPA 2. Gaya mengajar tidak hanya sekedar kegiatan pembelajaran di kelas, tetapi juga ketika guru itu merumuskan Prota, Prosem, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hal tersebut menjadi acuan bagaimana guru mampu merumuskan materi yang akan disampaikan sehingga siswa mampu menerima materi dengan baik. Dalam penelitian ini, peneliti akan mendeskripsikan hasil pengamatan yang dilakukan di SMA Negeri 65 Jakarta selama 4 bulan. Yang peneliti amati adalah gaya mengajar guru sejarah yaitu Ibu Mawar, dan Ibu Melati. Kedua guru tersebut sudah masuk dalam kategori fase Dewasa Tengah sehingga cocok dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar Ibu Mawar dan Ibu Melati tidak terpengaruh oleh usia yang sudah memasuki fase dewasa tengah. This research aims to get empirical data about the style of teaching which is implemented by the teachers who entered the middle adult phase or adult madya in learning history at SMA Negeri 65 Jakarta. The study was conducted during the four months, namely stretches since July until October 2016 in grade XI SCIENCE 1, XI SCIENCE 2, XI SCIENCE 3, XII SCIENCE 1, XII Social Studies 1, and XII SCIENCE 2. Style of teaching is not simply learning activities in the classroom, but also when a teacher is formulate Prota, Prosem, Syllabus and Learning Implementation Plan (RPP). It became a reference how teachers are able to formulate the materials to be delivered so that students are able to receive the material with good. In this research, researchers will describe the results of the observations carried out at SMA Negeri 65 Jakarta for 4 months. The researchers examine is the style of teaching history teacher is the Mother Rose, and Ibu Melati. The two teachers have been entered in the category of Middle Adult phase until suitable in this research. Based on the results of this research can be concluded that the style of teaching the mother rose and Mother of jasmine is not affected by the age that has entered the middle adult phase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Budiarti, M.Pd 2) Dra.Yasmis, M.Hum
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 01:54
Last Modified: 14 Apr 2022 01:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26523

Actions (login required)

View Item View Item