PENGEMBANGAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU KIMIA MENGGUNAKAN CONTENT REPRESENTATION (CoRe) FRAMEWORK dan PEDAGOGICAL AND PROFESSIONAL EXPERIENCE REPERTOIRES (PaP-eRs) PADA PEMBELAJARAN TERMOKIMIA

RETNO AYU PUSPITA, . (2016) PENGEMBANGAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU KIMIA MENGGUNAKAN CONTENT REPRESENTATION (CoRe) FRAMEWORK dan PEDAGOGICAL AND PROFESSIONAL EXPERIENCE REPERTOIRES (PaP-eRs) PADA PEMBELAJARAN TERMOKIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RETNO AYU PUSPITA_3315126600_SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Kimia menggunakan Content Representation (CoRe) Framework yang berisi 8 pertanyaan yang di dalamnya berisi pembahasan mengenai ide-ide pokok/topik yang telah ditentukan oleh guru dalam suatu materi dan PaPeRs (Pedagogical and Professional experience Repertoires) yang berisi narasi mengenai bagaimana situasi pembelajaran, di mana konten dijelaskan oleh guru, dan didasarkan pada pengamatan atau komentar yang dibuat selama wawancara pada saat mengembangkan CoRe pada Pembelajaran Kimia khususnya pada materi Termokimia. Pedagogical Content Knowledge adalah gabungan antara pengetahuan yang dimiliki oleh guru pada materi pembelajaran serta pengetahuan untuk mengajarkan suatu materi sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Pengembangan PCK calon guru dapat dilihat melalui CoRe dan PaP-eRs saat melaksanakan pembelajaran Termokimia. Penelitian ini melibatkan dua orang guru berpengalaman yang sudah mengajar lebih dari 10 tahun. Penelitian ini dilakukan di SMAN 78 Jakarta pada Januari sampai Juni 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Interpretive dengan paradigma penelitian Interpretivism Paradigm dimana peneliti juga bertindak sebagai subjek penelitian sehingga peneliti terlibat aktif secara langsung. Data-data penelitian seperti hasil wawancara dengan guru kimia berpengalaman, reflektif jurnal, catatan observer, wawancara siswa, dan rubrik penilaian PCK digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan PCK calon guru kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa calon guru dapat mengembangkan PCK melalui wawancara, hasil diskusi, hasil observasi, serta penulisan reflektif jurnal setelah pembelajaran dengan berkolaborasi bersama guru kimia berpengalaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Maria Paristiowati, M.Si. 2) Dra. Tritiyatma Hadinugrahaningsih, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 01:55
Last Modified: 14 Apr 2022 01:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26524

Actions (login required)

View Item View Item