RETNO DWI CAHYANINGRUM, . (2017) PENGEMBANGAN E-MODULE KIMIA BERBASIS POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) PADA MATERI REAKSI REDUKSI-OKSIDASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
RETNO_3315133622_PENGEMBANGAN E-MODULE KIMIA BERBASIS POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) PADA MATERI REAKSI~1.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-Module kimia berbasis POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada materi reaksi reduksi-oksidasi sebagai sumber belajar siswa yang layak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau research and development (R & D). Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMK kelas X. Teknik analisis data menggunakan analisis penilaian dari 10 validator terdiri dari 5 ahli materi dan bahasa, serta 5 ahli media. Analisis kuesioner uji validasi ahli, uji coba siswa dan guru menggunakan lembar kuesioner yang diadopsi dari Puskurbuk dan dikeluarkan oleh BSNP. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan e-Module adalah 3D PageFlip Professional 1.7.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penilaian oleh para ahli secara keseluruhan diperoleh berkisar 75% hingga 90% dengan interpretasi baik hingga baik sekali, (2) Penilaian oleh guru dan siswa pada skala kecil dan skala besar secara keseluruhan meningkat diperoleh berkisar 80% hingga 90% dengan interpretasi baik hingga baik sekali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-Module kimia berbasis POGIL materi reaksi reduksi-oksidasi yang dikembangkan sangat baik dan sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar mandiri siswa. This study aims to produce chemical-based e-Module POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) on the material oxidation-reduction reaction as a viable source of student learning. This research method using research and development or research and development (R & D). Subjects in this study were students of SMK class X. Data analysis techniques using an assessment analysis of 10 validators consisting of 5 material and language experts, as well as 5 media experts. Analysis of expert validation test questionnaires, Student and teacher trials using questionnaires that were adopted from Puskurbuk and issued by BSNP. Applications used in the manufacture of e-Module is 3D PageFlip Professional 1.7.7. The results of the study show that: (1) Assessment of experts as a whole is obtained in the range of 75% to 90% with good to excellent interpretation, (2) Assessment of teachers and students on a small scale and large scale as a whole increases in the range 80% 90% with good to good interpretation. Thus, it can be concluded that the e�ModulePOGIL material based chemical oxidation-reduction reactions are very well developed and already eligible for use in the learning process and can be used as a source of independent study students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Muktiningsih, M.Si 2) Arif Rahman, M.Sc |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:00 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26528 |
Actions (login required)
View Item |