MOCHAMMAD LORDY HURDANO, . (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SENI TARI NANDAK BETAWI SI DOEL DI KOMUNITAS TEATER ABANG NONE JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI (MOCHAMMAD LORDY HURDANO).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk video pembelajaran seni tari nandak betawi di Teater Abang None Jakarta. Diharapkan melalui video ini anggota Teater Abang None dapat melakukan gerakan seni tari nandak betawi Si Doel dengan baik dan benar. Pengembangan ini dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan Baker & Schutz. Model ini memiliki 7 tahapan dalam prosesnnya untuk mencapai sebuah produk. Instrument pengembangan mengacu kepada survey web bali Universitas Negeri Jakarta, Sadiman dkk dan PUSTEKKOM. Hasil yang didapatkan setelah ujicoba dengan para ahli, didapatkan dari ahli materi dengan nilai 2,71 dan dari ahli media 2,55. Hasil dari tahap one-to-one dengan nilai 3,20 dan small group dengan nilai 3,27, keseluruhan nilai ini menggunakan skala 1-4. Pada tahap field test pada penilaian kognitif didapatkan nilai 85,8 dan pada psikomotor adalah 81,25, keseluruhan dari nilai field test dari skala 1-100. Implikasi dari video ini diharapkan dapat membantu Teater Abang None dalam proses pembelajaran, sehingga memudahkan dan memotivasi untuk belajar lebih mudah serta dapat menguasai gerakan dengan baik dan benar. This research aims to develop Betawi dance Instructional video products at The Theatre Abang None Jakarta. Hopefully, through this video Abang None Theatre students can perform Si Doel, Betawi dance movement properly. The development on the video was based on the Baker & Schutz’s theory. Baker & Schutz’s model included seven stages in the process to achieve desired product. Development instrument in the research refered to web survey bali of Universitas Negeri Jakarta, Sadiman et. al, and PUSTEKKOM. The result was obtained after the test conducted by the experts, value of 2.71 from the subject expert and 2.55 from the media expert. In addition, the results from one-to-one phase was 3.20 and 3.27 from the small group, all using scale of 1-4. Furthermore, the value of 85.8 on cognitive appraisal and 81.25 in psychomotor were obtained from the stage of field tests with the overall value from the scale 1-100. Finally, this video was expected to help the students of Theater Abang None in their learning process, to make it easier and to motivate them to learn their best so they can master the dance movement properly.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Cecep Kustandi, M.Pd. 2). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd. |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:05 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26530 |
Actions (login required)
View Item |