ANALISIS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI PLATFORM DALAM PENGUKURAN TINGKAT KESUKARAN SOAL MATERI MITIGASI BENCANA ALAM PADA PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 6 KOTA BOGOR

HERAWATI, . (2022) ANALISIS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI PLATFORM DALAM PENGUKURAN TINGKAT KESUKARAN SOAL MATERI MITIGASI BENCANA ALAM PADA PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 6 KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan google classroom sebagai platform dalam pengukuran tingkat kesukaran soal materi mitigasi bencana alam pada pemahaman belajar siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 6 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Adapun populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS yang meliputi XI IPS 1 sebanyak 36 peserta didik dan XI IPS 2 sebanyak 37 peserta didik di SMA Negeri 6 Kota Bogor. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan sampling purposive, dan untuk sampel penelitianya yaitu kelas XI IPS 2 sebanyak 37 peserta didik. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji tingkat kesukaran soal dengan cara menghitung skor pada pretest dan posttest serta penyebaran angket kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan variabel analisis penggunaan google classroom sebagai platform dalam pengukuran tingkat kesukaran soal materi mitigasi bencana alam dan untuk variabel pemahaman berdasarkan taksonomi bloom, dengan tipe soal memahami (C2). Berdasarkan dari hasil analisis data dan pembahasan, menunjukan bahwa. Pertama, pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan google classroom sebagai platform dikatakan layak, selain itu penelitian ini didukung dalam pengambilan data dengan menggunakan kuesioner tertutup kepada peserta didik dengan hasil yang menunjukan sebesar 70% kuesioner tersebut dalam kategori Layak. Kedua, hasil evaluasi pada presentase uji tingkat kesukaran soal menunjukan bahwa instrumen tes dengan jumlah 25 soal memiliki tingkat kesukaran soal dengan kategori sukar sebanyak 2 soal (8%), kategori sedang sebanyak 14 soal (56%) dan kategori mudah sebanyak 9 soal (36%). This research aims to analyze the use of google classroom as a platform in measuring the level of difficulty in natural disaster mitigation materials on the learning comprehension of students of class XI IPS at Sma Negeri 6 Bogor City. This research uses descriptive methods of quantitative approaches. The population of this study is class XI IPS learners which include XI IPS 1 as many as 36 students and XI IPS 2 as many as 37 students at SMA Negeri 6 Bogor City. The sampling technique is by using purposive sampling, and for the research sample, namely class XI IPS 2 as many as 37 learners. The analysis technique in this study by using the difficulty of the problem test by calculating the score on the pretest and posttest and the spread of questionnaires to students. This study used variable analysis of google classroom usage as a platform in measuring the difficulty level of natural disaster mitigation materials and for understanding variables based on bloom taxonomy, with the type of understanding problem (C2). Based on the results of data analysis and discussion, it shows that. First, distance learning (PJJ) using google classroom as a platform is said to be feasible, besides that this study is supported in data retrieval using a closed questionnaire to learners with results that show 70% of the questionnaire is in the Decent category. Second, the results of the evaluation on the percentage of the difficulty level test of the question showed that the test instrument with a total of 25 questions had a difficulty level of questions with difficult categories of 2 questions (8%), a medium category of 14 questions (56%) and an easy category of 9 questions (36%)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhammad Zid, M.Si. ; 2). Sony Nugratama, S.Pd, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 14597 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:47
Last Modified: 18 Apr 2022 04:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26531

Actions (login required)

View Item View Item