MONICA SUKMA PRANAMAYA, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KECAKAPAN BERPIKIR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DAUR ULANG PAPAN TEBAK (Penelitian Tindakan Kelas Di PAUD Teratai, Pulogadung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_Monica Sukma Pranamaya 1615121263.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecakapan berpikir anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media daur ulang papan tebak di PAUD Teratai, Pulogadung, Jakarta Timur. Kecakapan berpikir merupakan bagian dari kecakapan hidup. Media daur ulang merupakan media yang terbuat dari bahan-bahan daur ulang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggabungkan tahapan dan siklus dari Kemmis & Mc Taggart dan John Creswell. Tahapan yang digunakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus yang digunakan yaitu menggunakan satu siklus. Subjek penelitian ini, anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 10 anak. Tindakan yang diberikan melalui penggunaan media daur ulang papan tebak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan catatan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu bila rata-rata kecakapan berpikir anak telah mencapai 71%. Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan 27%. Hal ini dibuktikan dari hasil pra penelitian 43,59% meningkat pada siklus I menjadi 71,09%. Kecakapan berpikir anak mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui media daur ulang papan tebak. Tahapan dari tindakan tersebut yaitu bercakap-cakap, menjelaskan cara permainan, bermain tebak-tebakan, anak menjawab tebaktebakan, dan ditutup dengan anak menunjuk dan menyebutkan serta bercerita tentang gambar. The purpose of this research to determine enhancement of thinking skills of children aged 5-6 years through the use of recycled media guesses board in PAUD Teratai, Pulogadung, East Jakarta. Thinking skills is a part of life skills. Recycled media is media that made from recycled materials. Type of this research is classroom action research that combines the stages and the cycle of Kemmis & Mc Taggart and John Creswell. The stages used are planning, execution, observation, and reflection. the cycle used is one cycle. Subject of this research are children aged 5-6 years who has 10 children. Action is given through the use of recycled media guesses board. Data collection technique used observation and documentation notes. Data analysis technique used is the analysis of quantitative and qualitative data. In this research the indicators of success if the average thinking skills a child has reached 71%. The results in this research indicate the presence of 27% increase. This is evidenced from the pre-research 43,59% increased at the first cycle to 71,09%. Thinking skills of children increased after the researchers gave the actions performed through the recycled media guesses board. The stages of actions are having a conversation, explaining how the game, play the guessing game, the child answered guessing games, and closed with a child pointing and name and tells the story of the picture.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd. 2). Dr. Nurjanah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:13 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26539 |
Actions (login required)
View Item |