PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS X SMK BISNIS DAN MANAJEMEN

AYU DINI FARHANA, . (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS X SMK BISNIS DAN MANAJEMEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (426kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (311kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (297kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar berupa buku ajar matematika untuk siswa SMK bidang keahlian bisnis dan manajemen. Buku ajar ini dibuat karena buku ajar yang digunakan oleh SMK kebanyakan tidak sesuai dengan kurikulum SMK yang berdasarkan dengan bidang keahlian, sehingga siswa dapat termotivasi belajar matematika sesuai dengan bidang keahlian bisnis dan manajemen pada materi barisan dan deret. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang dikembangkan adalah materi barisan dan deret dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan CTL memiliki tujuh komponen utama dalam proses pembelajaran, yakni konstruktivisme (contructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modelling), refleksi (reflection), dan penilaian autentik (authentic assesment). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini melalui lima tahapan. Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan buku ajar matematika yaitu sebagai berikut: a) tahap penelitian pendahuluan berupa penyebaran kuesioner dan wawancara kepada siswa dan guru SMK Diponegoro 1 Jakarta; b) tahap perencanaan dan pengembangan dengan membuat garis besar isi media (GBIM) sebagai pedoman penyusunan buku ajar; c) tahap membuat pengembangan berupa draft 1; d) tahap validasi oleh ahli materi dan bahasa, ahli media dan revisi produk; e) tahap uji coba lapangan kelompok kecil dan kelompok besar. Berdasarkan validasi ahli materi dan Bahasa, serta ahli media, secara keseluruhan aspek materi dan bahasa memperoleh persentase rata-rata 89,17% yang berkategori sangat baik dan aspek media memperoleh persentase rata-rata 91% yang berkategori sangat baik. Pada hasil uji evaluasi guru, memperoleh persentase sebesar 81,15% yang berkategori sangat baik. Pada uji coba lapangan kelompok kecil secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 87,88% yang berkategori sangat baik. Pada uji coba lapangan kelompok besar secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 85,65% yang berkategori sangat baik. Berdasarkan validasi ahli materi dan bahasa, ahli media, evaluasi guru, uji coba lapangan kelompok kecil dan besar dapat disimpulkan bahwa buku ajar matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi barisan dan deret kelas X SMK Bisnis dan Manajemen

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Anton Noornia, M. Pd ; 2). Dwi Antari Wijayanti, M. Pd
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:24
Last Modified: 14 Apr 2022 02:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26542

Actions (login required)

View Item View Item