REYHAN MAHENDRA ANDI YUSUF, . (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA SMP KELAS 8. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (103kB) |
|
Text
3. Kata Pengantar.pdf Download (86kB) |
|
Text
4. Daftar Isi.pdf Download (90kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (85kB) |
|
Text
6. Daftar Gambar.pdf Download (87kB) |
|
Text
7. Daftar Lampiran.pdf Download (83kB) |
|
Text
8. Bab I.pdf Download (176kB) |
|
Text
5. Daftar Tabel.pdf Download (83kB) |
|
Text
9. Bab II.pdf Download (400kB) |
|
Text
11. Bab IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. Bab III.pdf Download (204kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (159kB) |
|
Text
14. Sampul Lampiran.pdf Download (83kB) |
|
Text
12. Bab V.pdf Download (87kB) |
|
Text
Lampiran Akhir .SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (71kB) |
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu hal yang penting dalam pembelajaran di sekolah. Bahan ajar yang baik sangat diperlukan siswa agar materi dapat tersampaikan dengan baik. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan bahan ajar yang sering digunakan siswa adalah bahan ajar cetak atau buku. Namun buku yang mereka gunakan kurang menarik dan bahasanya cukup sulit dimengerti. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan sebuah bahan ajar yang baik untuk siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematics Education untuk siswa SMP kelas 8 pada materi lingkaran. Pengembangan bahan ajar ini dilakukan melalui penelitian research and development. Pengembangan bahan ajar dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan siswa. Tahap berikutnya adalah pengembangan produk. Bahan ajar yang akan dikembangkan berbentuk buku. Setelah itu produk dikaji ahli pada tahap uji ahli. Tahap berikutnya adalah mengujicobakan draft hasil uji ahli yang telah direvisi kepada guru dan siswa pada tahap uji coba lapangan. Bahan ajar kemudian direvisi berdasarkan penilaian guru dan siswa untuk menghasilkan produk akhir. Hasil analisis kebutuhan menyatakan siswa menggunakan bahan ajar buku sebagai bahan ajar utama. Selain itu siswa merasa kesulitan pada materi lingkaran. Hal tersebut membuat peneliti memilih untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk buku pada materi lingkaran. Kemudian peneliti membuat draft yang diujikan pada para ahli, guru, dan siswa. Penilaian yang dilakukan ahli, siswa, dan guru didapat melalui angket. Berdasarkan hasil uji ahli, baik dari segi materi dan bahasa serta media, bahan ajar dinilai baik karena mendapat nilai di atas 60% sesuai dengan interpretasi skor yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, bahan ajar dinyatakan baik setelah mendapat nilai 60%. Beberapa indikator pada angket nilainya di bawah 60% dan perlu diperbaiki seperti desain sampul dan jenis huruf. Buku berjudul Lingkaran: Untuk Siswa SMP Kelas 8 sebagai produk akhir penelitian dinyatakan baik dan layak dipakai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Pinta Deniyanti S., M.Si 2) Drs. Bambang Irawan, M.Si |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:22 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26544 |
Actions (login required)
View Item |