PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA SMP KELAS 8

REYHAN MAHENDRA ANDI YUSUF, . (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA SMP KELAS 8. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (103kB)
[img] Text
3. Kata Pengantar.pdf

Download (86kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
6. Daftar Gambar.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (83kB)
[img] Text
8. Bab I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
5. Daftar Tabel.pdf

Download (83kB)
[img] Text
9. Bab II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
11. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. Bab III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)
[img] Text
14. Sampul Lampiran.pdf

Download (83kB)
[img] Text
12. Bab V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lampiran Akhir .SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (71kB)

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu hal yang penting dalam pembelajaran di sekolah. Bahan ajar yang baik sangat diperlukan siswa agar materi dapat tersampaikan dengan baik. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan bahan ajar yang sering digunakan siswa adalah bahan ajar cetak atau buku. Namun buku yang mereka gunakan kurang menarik dan bahasanya cukup sulit dimengerti. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan sebuah bahan ajar yang baik untuk siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematics Education untuk siswa SMP kelas 8 pada materi lingkaran. Pengembangan bahan ajar ini dilakukan melalui penelitian research and development. Pengembangan bahan ajar dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan siswa. Tahap berikutnya adalah pengembangan produk. Bahan ajar yang akan dikembangkan berbentuk buku. Setelah itu produk dikaji ahli pada tahap uji ahli. Tahap berikutnya adalah mengujicobakan draft hasil uji ahli yang telah direvisi kepada guru dan siswa pada tahap uji coba lapangan. Bahan ajar kemudian direvisi berdasarkan penilaian guru dan siswa untuk menghasilkan produk akhir. Hasil analisis kebutuhan menyatakan siswa menggunakan bahan ajar buku sebagai bahan ajar utama. Selain itu siswa merasa kesulitan pada materi lingkaran. Hal tersebut membuat peneliti memilih untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk buku pada materi lingkaran. Kemudian peneliti membuat draft yang diujikan pada para ahli, guru, dan siswa. Penilaian yang dilakukan ahli, siswa, dan guru didapat melalui angket. Berdasarkan hasil uji ahli, baik dari segi materi dan bahasa serta media, bahan ajar dinilai baik karena mendapat nilai di atas 60% sesuai dengan interpretasi skor yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, bahan ajar dinyatakan baik setelah mendapat nilai 60%. Beberapa indikator pada angket nilainya di bawah 60% dan perlu diperbaiki seperti desain sampul dan jenis huruf. Buku berjudul Lingkaran: Untuk Siswa SMP Kelas 8 sebagai produk akhir penelitian dinyatakan baik dan layak dipakai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Pinta Deniyanti S., M.Si 2) Drs. Bambang Irawan, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:22
Last Modified: 14 Apr 2022 02:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26544

Actions (login required)

View Item View Item