UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT (Studi Penelitian Tindakan Kelas)

MUHAMAD AKBAR FADILAH, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT (Studi Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan naturalis dalam mata pelajaran IPA menggunakan pembelajaran kontekstual pada peserta didik kelas III SDN 01 Bendungan Hilir. Penelitian ini diadakan di SDN 01 Bendungan Hilir Jakarta Pusat dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 29 peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan dan dokumentasi atau pengambilan foto saat proses mengajar dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan data kecerdasan naturalis peserta didik pada siklus I sebesar 62,06 % dan siklus II sebesar 89,65 % dari target keberhasilan 85% peserta didik mendapat skor ≥ 70. Adapun data pemantau tindakan guru yang diperoleh melalui proses belajar menggunakan pembelajaran kontekstual pada siklus I sebesar 72,72% dan siklus II sebesar 100% sedangkan data pemantau tindakan peserta didik pada siklus I sebesar 81,81 % dan siklus II sebesar 90,90%. Hasil ini menunjukkan bahwa kecerdasan naturalis peserta didik dapat ditingkatkan dengan pembelajaran kontekstual. Oleh sebab itu pembelajaran kontekstual dapat dijadikan sebagai pilihan oleh guru dalam proses belajar mengajar di kelas agar kecerdasan naturalis peserta didik semakin meningkat dan peserta didik dapat merasakan pembelajaran yang dapat diterapkan dan dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari. This classroom action research aims to improve naturalist intelligence in science subject using contextual learning in third grade students of Bendungan hilir 01 elementry school, Central Jakarta. The research was conducted at Bendungan Hilir 01 elementry school, Central Jakarta with research subject are students in the third grade amount 29 students. This research method is by using action research spiral model/cycle of Stephen Kemmis and Mc Taggart with a two-stage cycle of planning, action, observation, and reflection. Techniques of data retrieval is done by using observation and documentation or taking photos when the teaching is done. The results showed the data of naturalist intelligence of students in the first cycle of 62.06% and 89.65% for the second cycle of the target of 85% of the success of learners got score ≥70. The data monitoring teacher’s behavior obtained through the learning process using contextual learning in the first cycle of 72.72% and the second cycle of 100% while the data of the monitoring actions of students in the first cycle of 81.81% and the second cycle by 90.90%. These results indicate that the naturalist learners can be enhanced with contextual learning. The implications of this study are contextual learning can be used as an option by the teacher in teaching and learning in the classroom in order naturalist learners increased and learners can feel a real learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Julius Sagita, M.Pd. 2). Drs. Olga D Pandeirot, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:23
Last Modified: 14 Apr 2022 02:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26546

Actions (login required)

View Item View Item