PROSES PEMBELAJARAN DALAM BIMBINGAN KETERAMPILAN OLAHAN PANGAN DI PSBK PANGUDI LUHUR BEKASI

Muhamad Iqbal, . (2018) PROSES PEMBELAJARAN DALAM BIMBINGAN KETERAMPILAN OLAHAN PANGAN DI PSBK PANGUDI LUHUR BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 lembar judul.pdf

Download (98kB)
[img] Text
2 lembar pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 surat pernyataan keaslian.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 daftar isi, tabel, gambar, lampiran.pdf

Download (209kB)
[img] Text
9 Bab I .pdf

Download (145kB)
[img] Text
13 Bab V .pdf

Download (77kB)
[img] Text
14 daftar pustaka.pdf

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dalam bimbingan keterampilan olahan pangan di PSBK Pangudi Luhur Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Pengumpulan data dmelalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode Miles dan Huberman. Temuan menunjuk perencanaan yang dibuat hanya silabus yang dibuat oleh instruktur. Proses pembelajaran dilakukan dengan metode demonstrasi,drill dan penugasan. Materi yang diberikan berupa resep makanan dan pembuatan makanan jajanan pasar. Peningkatan motivasi belajar dilakukan dengan memberikan dukungan dalam bentuk semangat dan arahan. Media pembelajaran terdiri dari peralatan memasak elektronik, peralatan memasak non elektronik dan alat tulis serta bahan makanan. Sumber belajar yang digunakan berupa buku resep dan buku catatan milik instruktur dan internet namun belum ada modul untuk peserta didik. Evaluasi belajar dilaksanakan yaitu UTS. Peranan Instruktur dalam pembelajaran yaitu sebagai pengajar, pengelola, fasilitator, pembimbing, demonstrator, motivator dan evaluator. Faktor pendukung yaitu peran instruktur, keberadaan fasilitator, semangat peserta didik dan alat dan bahan yang lengkap. Faktor penghambat yaitu kurangnya kedisiplinan instruktur, kurangnya kedisiplinan peserta didik dan kondisi perlengkapan yang kurang memadai. Proses pembelajaran bimbingan keterampilan olahan pangan belum optimal, oleh karena itu diperlukan perbaikan agar pembelajaran dapat berjalan dengan tepat,sistematis dan terukur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Jaenal Mutakim, M.Pd 2) Dr. Daddy Darmawan, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Jan 2020 10:03
Last Modified: 09 Jan 2020 10:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2655

Actions (login required)

View Item View Item