POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA AKTIVIS DAKWAH DENGAN LAWAN JENIS (Studi Kasus Aktivis Dakwah di Universitas Negeri Jakarta)

MUKHLIS, . (2017) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA AKTIVIS DAKWAH DENGAN LAWAN JENIS (Studi Kasus Aktivis Dakwah di Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MUKHLIS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana mahasiswa aktivis dakwah berkomunikasi dengan lawan jenis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif-kualitatif dengan pendekatan teori pola komunikasi yang dikemukakan oleh Onong Uchjana Effendy. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara wawancara dan observasi. Karena penelitian ini merupakan penelitian yang mengharuskan peneliti terlibat langsung dalam pencarian data dan informasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh mahasiswa aktivis dakwah yaitu diantaranya pola komunikasi primer dimana beberapa mahasiswa aktivis dakwah tetap melakukan komunikasi secara tatap muka dengan lawan jenis yang bukan aktivis dakwah. Kemudian pola komunikasi sekunder, pola ini adalah pola komunikasi menggunakan alat atau media, digunakan seluruh mahasiswa aktivis dakwah saat berkomunikasi dengan lawan jenis sesama aktivis dakwah dan pola komunikasi beberapa mahasiswa aktivis dakwah dengan lawan jenis yang bukan aktivis dakwah. Dan juga pola sirkular, yaitu seluruh anggotanya ikut berkomunikasi dan ada umpan balik dari komunikasi. Pola ini menggambarkan situasi komunikasi dengan menggunakan hijab atau tirai karena komunikator lebih dari dua orang. This research is discussing about communication patterns of college da'wah activists with opposite sex, this research means to analyze and describe how da'wah in college activists communicate on one another. Method used in this research is descriptive-qualitative with communication theory patterns approach by Onong Uchjana Effendy. Techniques used to analyze data is by interviewing and observing. Because of this research is kind of research which requires the observer involved directly to the data collection and information. Results of this research show that communication patterns used by college da'wah activist such as primary communication pattern which some of college da'wah activists still communicate by face to face to opposite sex which is not one of college da'wah activist. Hereafter, secondary communication pattern, this pattern is a communication pattern which is using tools or media, used by each college da'wah activists when communicating with opposite sex of fellow college da'wah activist and communication pattern of some college da'wah activists with opposite sex which is not activist. Also circular pattern, which means all of group members communicate and give feedbacks. This pattern describes communication situations by using hijab or veil because communicator is more than two persons.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ahmad Hakam, M.A., 2) Rudi M Barnansyah, M. Pd. I.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:28
Last Modified: 14 Apr 2022 02:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26550

Actions (login required)

View Item View Item