RIANTO SIAGIAN, . (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DENGAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI SMPN 117 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievment division (STAD) dengan two stay two stray (TSTS). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 117 Jakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain posttest only control groups design. Sampel penelitian berjumlah 35 siswa untuk kelas eksperimen 1 dan 33 siswa untuk kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Hasil uji normalitas menggunakan uji chi kuadrat menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menggunakan uji F menunjukkan bahwa data homogen. Nilai rata-rata posttest dari kelas STAD adalah 64.29 dan kelas TSTS adalah 53.48. Analisa data menggunakan uji t, hasil perhitungan nilai thitung adalah 3.1, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikasi 0.05 dengan dk = 35 + 33 -2 = 68, nilainya sebesar 1.668. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 3.1 > 1.668. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. The purpose of this research is to know the differences of result physic learning between who learned using cooperative learning model type of student team achievment division (STAD) and two stay two stray (TSTS). This research is done in SMPN 117 Jakarta. This research use experiment method with posttest only control groups design. Sample were taken using technique of purposive sampling. The amount of research sample is 35 students for the first experiment class and 33 students for the second experiment class. First experiment class using cooperative learning type of STAD and second experiment class using cooperatve learning type of TSTS. The result of normality test by chi square test showed is normally distribute. The result of homogenity test by F test showed data is homogenous The average score of posttest from STAD class is 64.29 and TSTS class is 53.48. The analysis used t-test, the result of calculate tscore is 3.1, while ttable at level of significances 5% with degree of freedom (dk) = 35 + 33 – 2 = 66, that is equal to 1.668. The result of research revealed that tscore > ttable or 3.1>1.668. It shows that result of physic learning cooperative type of STAD is higher than cooperative learning type of TSTS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. I Made Astra, M.Si 2) Dr. Esmar Budi, M.T |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Fisika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:36 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26556 |
Actions (login required)
View Item |