PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA SMA NEGERI 71 JAKARTA

MUTIA HARIYANI, . (2017) PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA SMA NEGERI 71 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MUTIA HARIYANI - PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA SMA NEGERI 71 JAKARTA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 71 Jakarta, bentuk-bentuk sikap sosial apa saja yang diharapkan bisa terbentuk. Dan apakah pendekatan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan sikap sosial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara mendalam, dan penelaahan dokumen. Penulis melakukan observasi langsung ke lapangan untuk menggali lebih dalam mengenai penerapan pembelajaran pendekatan saintifik yang dilaksanakan oleh guru dan cara guru untuk meningkatkan sikap sosial siswa. Penulis juga melakukan wawancara mendalam dengan informan, jumlah informan adalah 7 orang yang terdiri dari 2 orang guru sosiologi, 1 orang wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan 6 orang siswa. Penelitian ini membutuhkan keabsahan data yang telah dilakukan dengan cara triangulasi data oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang kurikulum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik dilaksanakan guru dengan cukup baik. Pendekatan saintifik ini dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan pada proses pembelajaran. Pembelajaran pendekatan saintifik ini juga dapat meningkatkan sikap sosial siswa seperti sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, sopan, dan percaya diri dalam kehidupan sehari-hari siswa. Siswa yang mempunyai sikap sosial yang tinggi akan mampu menjalin komunikasi yang efektif dengan orang lain dan dapat diterima oleh kelompok atau teman sebaya. This study aimed to determine how the implementation of a scientific approach on the subject of sociology at SMA Negeri 71, Jakarta. Forms of social attitudes that are expected to be formed. Whether scientific approach can improve students social attitude. This research approach used a qualitative approach with descriptive research. Data collection technique was done through observation, deep interviewing, and review of documents. The author do observation to dig deeper into about the application of learning scientific approach carried out by teachers and how teachers to improve students social attitude. The author also interviewing informant, the number of informants is 7 people consisting of 2 sociology teacher, 1 deputy head of school curriculum areas, and 6 students. This research requires the validity of data that has been done by triangulation of data by the deputy head of school curriculum areas. The results of this study reveal that learning by implementation of scientific approach has been implemented properly. Learning by implementation of scientific approach can improve students social attitude such as, honest, discipline, responsibility, tolerance, mutual cooperation, respectful, and confident in students daily life. Students who have a good social attitude can make their communication to be effective with other people and can be accepted by group or peer group.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eman Surachman, MM 2) Syaifudin, M.Kesos
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:38
Last Modified: 14 Apr 2022 02:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26558

Actions (login required)

View Item View Item