MOTIVASI ORANGTUA MENYEKOLAHKAN ANAK PRASEKOLAH DI SEKOLAH TAHFIDZ QUR’AN (STUDI KASUS SEKOLAH HAFIZH QUR’AN ANAK JUARA)

NADA RAHMAH CHAIRI, . (2017) MOTIVASI ORANGTUA MENYEKOLAHKAN ANAK PRASEKOLAH DI SEKOLAH TAHFIDZ QUR’AN (STUDI KASUS SEKOLAH HAFIZH QUR’AN ANAK JUARA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-NADARC.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan pendidikan pada saat ini sangatlah pesat, bahkan membuat para orang tua sudah menyekolahkan anaknya di usia prasekolah. Tetapi kebanyakan di antaranya tidak menyekolahkan di sekolah yang mencerminkan keagamaan bahkan pembelajaran Al-Qur’an. Dari sekian banyak orang tua yang sudah menyekolahkan anak prasekolah di sekolah-sekolah umum masih ada orang tua yang sadar akan pentingnya pendidikan Al-Qur’an dengan menyekolahkan di sekolah tahfidz Qur’an. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memotivasi atau mempengaruhi orang tua menyekolahkan anak prasekolah di sekolah tahfidz Qur’an dan untuk mengetahui tipologi yang paling dominan dalam memotivasi orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data dari angket serta wawancara, dan yang dijadikan objek pada penelitian ini adalah para orang tua murid sekolah tahfidz Qur’an. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Sardiman jenis motivasi intrinsik dan ekstrinsik serta teori Hamzah B Uno faktor yang mempengaruhi motivasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor yang memotivasi orang tua menyekolahkan anak prasekolah di sekolah tahfidz Qur’an yaitu terdapat dari dua faktor, yaitu faktor intrinsik dan faktor ektrinsik. Dimana keduanya memiliki beberapa indikator yang mempengaruhi, dari faktor intrinsik terdapat indikator harapan dengan persentase 87%, kebutuhan 95%, dan harga diri 71%. Dari faktor ektrinsik terdapat indikator lingkungan dan teman yang keduanya memiliki persentase yang sama yaitu 81%. Maka pada faktor yang paling banyak memotivasi orang tua terdapat pada indikator kebutuhan akan pendidikan Al- Qur’an bagi anak prasekolah. Dan tipologi motivasi yang paling dominan pada penelitian ini terdapat tipologi teologis dengan persentase tertinggi yaitu 93% dalam memotivasi orang tua karena masih adanya keterkaitan menyekolahkan anak prasekolah disekolah tahfidz Qur’an dengan Tuhan dan agama. The development of the education at this day is so growing fast, even makes the parent already put their children in the pre school age. But theres so much between them that didn’t put the children in the school that determine the religious thing even Al-Qur’an Education. From the many of the parents that already put their children in pre school in common school, theres still the parents that still aware of the important of Al-Quran education and theyre put their children in Tahfidz Quran School. So, the purpose of this research to knowning the factor that motivate or influence the parent to put their children in the preschool tahfidz Quran and to knowing about the most dominance typology in parents motivation. This research use qualitative descriptive methods, collecting data from questionnaire and also interview and the object of this research is the parents of student in tahfidz Quran School. The theory in this research is using Sardiman Theory about Kind of Intrinsic and ekstrinsic and also Hamzah B Uno Theory about motivation influence factor. The result of this research is, factor that influencing parents to put their children in preschool in tahfidz Quran Schol is consist of two factor, which is intrinsic and ekstrinsic factor, where the both of it have some indicator that influencing, from intrinsic factor having the hope indicatior with 87%, needed 95% and self pride 71%. From the ekstrinsic factor there are some indicator of environment and friend that both of the indicator have the same percentage which is 81%. So by the factor that much influencing the parent is in Needed of Al Quran education for preschool children. And the most dominant motivation typology is teologyze with 93% percentage in motivation the parent because theres a link between preschooling the children in tahfidz Quran Schol with God and Religion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Yusuf Ismail M.Ag 2) Amaliyah, M.Pd
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:50
Last Modified: 14 Apr 2022 02:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26567

Actions (login required)

View Item View Item