PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN (JOYFUL LEARNING) TERHADAP MINAT BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS

RICA FITRIYANI, . (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN (JOYFUL LEARNING) TERHADAP MINAT BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_RICA FITRIYANI_3415131027 (PDF).pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran menyenangkan adalah suatu proses pembelajaran yang berlangsung dalam suasana menyenangkan dan mengesankan. Suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan akan menarik minat peserta didik untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai secara maksimal. Minat belajar sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran karena dengan minat seseorang akan melakukan sesuatu, sebaliknya tanpa minat seseorang tidak akan melakukan sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran menyenangkan (joyful learning) terhadap minat belajar Biologi peserta didik sekolah menengah atas. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Mei-Juni Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Jumlah sampel sebanyak 70 peserta didik kelas X MIA. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukan data sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis hipotesis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran menyenangkan (joyful learning) terhadap minat belajar Biologi peserta didik sekolah menengah atas. Joyful learning is a learning process that takes place in a fun and memorable atmosphere. A fun and memorable learning will attract learners to be actively involved, so that the learning targets will be maximized. Interest in learning is needed in learning activities because with interest someone will do something, otherwise without interest someone will not do something. This research aims to determine the effect of joyful learning strategy to Biology learning interest of senior high school students. This research was conducted on May-June of the academic year 2016/2017. The method used is quasi experimental method. The number of samples were 70 students of class X MIA. The result of normality and homogeneity test shows the sample data come from normal and homogenous distribution population. Based on the hypothetical analysis of data obtained can be concluded that there is the effect of joyful learning strategy to Biology learning interest of senior high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ratna Komala, M.Si 2) Ade Suryanda, S.Pd., M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:51
Last Modified: 14 Apr 2022 02:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26568

Actions (login required)

View Item View Item