PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA DI SMA

RIKA AFRITASARI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-RIKA AFRITASARI-3315126602.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi kimia siswa di SMA pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment, dengan desain Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purpose sampling dan ditentukan bahwa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran PBL dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran 5M. Berdasarkan uji t didapatkan nilai thitung yaitu 2,8645 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,67121. Hal ini menunjukkan bahwa nilai kemampuan literasi kimia siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif model pembelajaran PBL terhadap kemampuan literasi kimia siswa di SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Zulmanelis, M.Si 2) Prof. Dr. Erdawati, M. Sc
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:58
Last Modified: 14 Apr 2022 02:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26576

Actions (login required)

View Item View Item