REPRODUKSI IDEOLOGI NEGARA DI SEKOLAH (ANALISIS WACANA KRITIS PADA BUKU TEKS SOSIOLOGI SMA KURIKULUM 2006 DAN 2013)

NAUFAL MAMDUH, . (2017) REPRODUKSI IDEOLOGI NEGARA DI SEKOLAH (ANALISIS WACANA KRITIS PADA BUKU TEKS SOSIOLOGI SMA KURIKULUM 2006 DAN 2013). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (148kB)
[img] Text
halaman pernyataan orisinalitas.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Bab 1 sampai Riwayat Hidup.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Singkatan Dan Istilah.pdf

Download (238kB)

Abstract

Fokus penelitian pada skripsi ini adalah pada praktik reproduksi ideologi negara di sekolah khususnya pada buku teks sosiologi SMA pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Skripsi ini juga menjelaskan mengenai konteks sosial politik dan ekonomi yang mempengaruhi kurikulum 2006 dan 2013 dan praktik reproduksi ideologi pada teks di buku sosiologi SMA. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan metodologi penelitian yaitu analisis framing model Gimson dan Modigliani, studi pustaka serta wawancara.Hasil studi ini menunjukan bahwa dalam konteks sosial politik dari kurikulum 2006 dan 2013 memiliki perbedaan. Seperti konteks kebijakan otonomi daerah, pemilu 2004 dan pembangunan millennium pada kurikulum 2006 dan konteks bonus demografi dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada kurikulum 2013. Sedangkan mengenai wacana dominan apa yang sering terdapat pada buku sosiologi kurikulum 2006 dan 2013 yaitu berkisar tentang multikulturalisme, globalisasi dan kearifan lokal. Praktik reproduksi pada buku teks sosiologi terjadi mulai dari adanya frame idea di buku teks sosiologi yang secara tidak langsung mengarah pada wacana stabilitas dan masyarakat harmoni serta pendekatan kontekstual di buku teks sosiologi yang yang membentuk siswa dalam berpikir dan prilaku. Kesimpulannya buku teks sosiologi baik kurikulum 2006 dan 2013 membentuk siswa dengan mengarahkan pada pandangan mengenai stabilitas dan harmoni masyarakat yang kesemuanya bertujuan untuk melanggengkan status quokelas berkuasa. Focus in this research to state ideological reproduction practice in school in particular on sociology text book. This research explain about social politic context in curriculum 2006 cum 2013 and ideological reproduction practice in sociology text book for senior high school. This research using qualitative approaches such as, literature study, deep interview and framing analysis with Gamson and Modigliani model. Result of studies conducted show that context in curriculum 2006 are regional autonomy policy, the elections in 2004 and Millenium Development Goals (MDGs).Thereover context in curriculum 2013 are demographic bonus and ASEAN Economy Community (AEC). From analysis framing has found dominant discourse like multiculturalism, globalization, local wisdom and dominant ideology like social stability and harmony of society. In conclusion, sociology text books high school a part of ideological state apparatus with ideology dominant to form student and all intended to perpetuating the status quo of the rulling classes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Rakhmat Hidayat Ph.D 2) Achmad Siswanto M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:20
Last Modified: 14 Apr 2022 03:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26591

Actions (login required)

View Item View Item