ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 3 BOGOR PADA PENGGUNAAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN REAKSI REDUKSI-OKSIDASI

RISA RIANTI, . (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 3 BOGOR PADA PENGGUNAAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN REAKSI REDUKSI-OKSIDASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Risa Rianti_3315130931.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran larutan elektrolit dan reaksi reduksi-oksidasi dengan menggunakan media mobile learning. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIA 2 SMAN 3 Bogor sebanyak 36 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan pada Desember 2016 – Juli 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan saat pembelajaran, tes kemampuan berpikir kritis, wawancara, dan kuesioner. Kemampuan berpikir kritis siswa yang diamati melalui delapan indikator yang termasuk ke dalam lima aspek kemampuan berpikir kritis menurut Ennis. Indikator kemampuan berpikir kritis yang diteliti adalah bertanya dan menjawab pertanyaan, memfokuskan pertanyaan, mempertimbangkan kredibilitas suatu sumber, melakukan observasi dan mempertimbangkan laporan observasi, membuat induksi dan mempertimbangkan hasil induksi, mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan suatu definisi, memutuskan suatu tindakan, dan berinteraksi dengan orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa delapan indikator berpikir kritis cenderung terbangun dan berkembang pada pembelajaran dengan media mobile learning. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis setiap indikator yang diteliti mencakup skor 82% - 88% yang dapat dikategorikan dalam kategori baik. This study aims to analyze students' critical thinking ability in learning electrolyte solution and oxidation-reduction reaction by using mobile learning media. The subjects of this study are class X MIA 2 SMAN 3 Bogor as many as 36 students taken using purposive sampling technique. The research was conducted in December 2016 - July 2017. The research method used is qualitative method. Research data obtained through observation during learning, critical thinking skills tests, interviews, and questionnaires. The students' critical thinking ability observed amounted to eight indicators that included into five aspects of critical thinking according to Ennis. Indicators of critical thinking skills in question are asking and answering questions, focusing questions, considering the credibility of a source, making observations and considering observation reports, making inductions and considering induced results, defining terms and considering definitions, deciding an action, and interacting with others. The results showed that eight critical thinking indicator tends to awaken and develop on learning with mobile learning media. Based on the results of critical thinking skills tests of each indicator studied include a score of 82% - 88% which can be categorized in good category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ucu Cahyana, M.Si 2) Ella Fitriani, M.Pd
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:30
Last Modified: 14 Apr 2022 03:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26598

Actions (login required)

View Item View Item