EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN KOMPUTER MICROSOFT WORD TINGKAT DASAR BAGI REMAJA DI RUMAH BELAJAR KARANG TARUNA KELURAHAN CAKUNG TIMUR

NABILATUL AULIA, . (2016) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN KOMPUTER MICROSOFT WORD TINGKAT DASAR BAGI REMAJA DI RUMAH BELAJAR KARANG TARUNA KELURAHAN CAKUNG TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nabilatul Aulia.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program Pelatihan Keterampilan Microsoft Word Tingkat Dasar Bagi Remaja di Rumah Belajar Karang Taruna Kelurahan Cakung Timur ditinjau dari model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian menggunakan metode survai. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu peserta pelatihan berjumlah 15 orang. Pengumpulan data menggunakan angket/questioner tertutup yang ditujukan kepada peserta pelatihan. Teknis analisi data yang digunakan adalah teknis analisis data kuantitatif. Hasil uji validitas dan reliabilitas yaitu sebanyak 40 pernyataan dikatakan valid dan reliabilitas tinggi. Nilai efektivitas Program Pelatihan Keterampilan Microsoft Word Tingkat Dasar ditinjau dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang diperoleh adalah pada Dimensi Context (konteks) yang terdiri dari identifikasi kebutuhan dan kondisi lingkungan sebesar 70% (Cukup Efektif) karena berada pada rentang 65%-82%, Dimensi Input (masukan) yang terdiri dari tutor pelatihan, peserta pelatihan, sarana dan prasarana, sumber belajar, dan sumber dana sebesar 72,2% (Cukup Efektif) karena berada pada rentang 65%-82%, Dimensi Process (proses) yang terdiri dari aktivitas peserta, aktivitas tutor, dan evaluasi sebesar 69% (Cukup Efektif) karena berada pada rentang 65%-82%, dan Dimensi Product (hasil) yang terdiri dari kompetensi peserta dan sikap peserta sebesar 67% (Cukup Efektif) karena berada pada rentang 65%-82%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pelatihan keterampilan komputer Microsoft word tingkat dasar bagi remaja di Rumah Belajar Karang Taruna Kelurahan Cakung Timur ditinjau dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) telah berjalan dengan Cukup Efektif. This research aims to determine Effectiveness Skills Training Program of Basic Microsoft Word For Teens in Rumah Belajar Karang Taruna Kelurahan Cakung Timur in terms of the evaluation model CIPP (Context, Input, Process, Product). This type of research is evaluative research, using the survey method. The sample in this study is the entire population that trainees numbered 15 people. Collecting data using questionnaires / questionnaire enclosed addressed to trainees. Technical analysis of the data used is a technical analysis of quantitative data. Results validity and reliability as many as 40 statement as valid and high reliability. The value of the effectiveness of the Skills Training Microsoft Word Basic Level reviewed with the evaluation model CIPP (Context, Input, Process, Product) obtained is in the dimension of Context (context) which consists of identifying the needs and environmental conditions of 70% (Effective Enough) because it is on the range of 65%-82%, Dimension input (input) consisting of tutor training, trainees, facilities and infrastructure, learning resources, and sources of funds amounted to 72.2% (Effective Enough) because it is in the range of 65% -82%, dimension process (process), which consists of the activities of participants, tutors activities, and evaluation of 69% (Effective Enough) because it is in the range of 65%-82%, and dimension Product (result) consisting of competence and attitude of participants by 67% (Effective Enough) because it is in the range of 65%- 82%. The conclusion from this research that determine Effectiveness Skills Training Program of Basic Microsoft Word For Teens in Rumah Belajar Karang Taruna Kelurahan Cakung Timur in terms of the evaluation model CIPP (Context, Input, Process, Product). has been Simply Effective.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Ahmad Tijari, M.Pd. 2). Dr. Anan Sutisna, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:54
Last Modified: 14 Apr 2022 03:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26614

Actions (login required)

View Item View Item