UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII D SMP NEGERI 20 JAKARTA

ROFIQ HAMBALI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII D SMP NEGERI 20 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I .pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (160kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (758kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (111kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui penerapan metode pembelajaran Demonstrasi pada siswa kelas VII SMPN 20 Jakarta. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VIII D SMPN 20 Jakarta yang berlangsung dari bulan April hingga Mei 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yang pada setiap siklus terdapat tes akhir untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan proses pembelajaran setiap siklusnya mengalami kemajuan termasuk meningkatnya keaktifan siswa dan antusias siswa. Selain itu pencapaian indikator keberhasilan lainnya yaitu 80% jumlah subjek penelitian mencapai nilai kritera ketuntasan minimal (nilai KKM yaitu 75). Pada siklus I sebanyak 33,33% dari keeam subjek penelitian mencapai nilai KKM, pada siklus II meningkat menjadi 50% dari keenam subjek penelitian dan pada siklus III meningkat menjadi 100% dari keenam subjek penelitian. The research aimed to discover the improvement of understanding of matematical concept of student through implementation of demonstration learning method in geometry flat side material in class VII D State Junior High School 20 Jakarta. Subject of the research was six students of class VIII D State Junior High School 20 Jakarta and the research conducted from April to May 2016. The research technique was classroom action reseach used demonstration learning method . The rersearch consisted of three cyclus which in every ending of cyclus there would be final test to measure the understanding of mathematical concept of the student. The result of the research showed that Mathematics Learning using demonstration learning method could improve the understanding of mathematical concept of the student. It was showed by improvement of liveliness and enthusiasm of the student in every cycle. Beside, another success indicator of the research was shown by 80% of research subject reached minimum standard criteria 75. In cycle I, there were 33,33% of six research su jects reached minimum standard criteria, in cycle II there were 50% of six research su jects reached minimum standard criteria, and in cycle III 100% of six research su jects reached minimum standard criteria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Anton Noornia, M.Pd 2) Dra. Ratnaningsih, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:18
Last Modified: 14 Apr 2022 05:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26635

Actions (login required)

View Item View Item