STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN PRINSIP ANDRAGOGI OLEH INSTRUKTUR KURSUS BAHASA ARAB DI LEMBAGA BAHASA DAN ILMU AL-QUR’AN

NANDA AKMAYATI, . (2017) STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN PRINSIP ANDRAGOGI OLEH INSTRUKTUR KURSUS BAHASA ARAB DI LEMBAGA BAHASA DAN ILMU AL-QUR’AN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP - Nanda Akmayati 1515133705.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Bahasa dan Ilmu Al-Qur’an, Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana instruktur pada kursus bahasa Arab di Lembaga Bahasa dan Ilmu Al-Qur’an menerapkan prinsip andragogi pada pembelajaran kursus bahasa Arab tingkat dasar. Penelitian dilakukan sejak Mei 2017 hingga Agustus 2017. Penelitian ini dilakukan mengingat hal tersebut penting untuk peneliti ketahui karena peserta didik dalam kursus tersebut merupakan peserta berusia dewasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode dekskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini ialah instruktur kursus bahasa Arab tingkat dasar sebanyak dua orang dan peserta didik kursus bahasa Arab tingkat dasar sebanyak enam orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian, yaitu secara acak sesuai rekomendasi dan kebersediaan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instruktur kursus bahasa Arab tingkat dasar di LBIQ pada dasarnya telah membelajarkan peserta didik dengan memperhatikan prinsip andragogi walaupun masih secara umum. Namun sebaiknya materi ajar dan model pembelajaran serta metode yang digunakan dalam pembelajaran lebih bervariasi dan diperhatikan lagi kesesuaiannya. Selain itu, peneliti merasa perlu menyarankan peninjauan kembali terkait bobot pelajaran agar lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik. This research was conducted at the Institute of Language and Science of the Qur'an, Jakarta. This study aims to determine the extent to which instructors in the Arabic course at the Institute of Language and Sciences of the Qur'an apply the principles of andragogy on the learning of basic Arabic language courses. The study was conducted from May 2017 to August 2017. This study was conducted because it is important for researchers to know because students in the course are mature participants. This research is a qualitative research with descriptive method. Sources of data obtained through interviews, observation and documentation. Respondents in this research are basic level of Arabic course instructor as much as two people and learners of basic level Arabic course counted six person. Technique of sampling in research, that is randomly according to recommendation and respondent's availability. The results showed that the instructor of the basic Arabic course at LBIQ basically has learned the learners by taking into account the principle of andragogy although still in general. However, teaching materials and learning models and methods used in learning are more varied and more appropriate. In addition, researchers felt it was necessary to suggest a review of the weight of the lesson to better fit the needs of learners.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hafid Abbas. 2). Dr. Durotul Yatimah, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:21
Last Modified: 14 Apr 2022 05:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26640

Actions (login required)

View Item View Item