HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN HASIL BELAJAR PPKN (Studi Kuantitatif Pendekatan Korelasional Kelas VIII di SMP Negeri 74 Jakarta)

NOVA RIZKI EDITYASWATI, . (2017) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN HASIL BELAJAR PPKN (Studi Kuantitatif Pendekatan Korelasional Kelas VIII di SMP Negeri 74 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Nova Rizki Edityaswati.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara kompetensi profesional guru dengan hasil belajar PPKn pada siswa kelas VIII (delapan) SMP N 74 Jakarta. Penelitian ini melakukan selama 4 bulan terhitung mulai bulan Maret 2017 sampai dengan bulan Juni 2017. Permasalahan pada penelitian ini yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah serta keadaan kelas ketika pada jam pembelajaran kurang aktif, sedangkan seorang guru yang berkompetensi profesional dituntut agar untuk menguasai bahan pelajaran, dapat mengelola program pembelajaran, dapat mengelola kelas serta memanfaatkan media/sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ialah sebanyak 60 responden. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas 8 D,E,F,H SMP Negeri 74 Jakarta yang berjumlah 136 siswa. Untuk mendapatkan variabel kompetensi profesional guru (X) ialah data primer menggunakan instrumen berupa angket sedangkan untuk variabel hasil belajar (Y) menggunakan data sekunder yang di dapatkan dari nilai hasil ulangan harian PPKn ke II. Untuk mendapatkan validitas dan reabilitas instrumen di uji coba kepada 31 responden. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ= 13,64 + 0,92X. Hasil uji normalitas liliefors variabel X menghasilkan Lhitung = 0,087 dan Ltabel = 0,114 pada taraf signifikansi (a) = 0.05 untuk jumlah sampel (n) 60. Karena Lhitung= (0,087) < Ltabel = (0,114) maka variabel X berdistribusi normal. Sedangkan Hasil uji normalitas liliefors variabel Y menghasilkan Lhitung = 0,046 dan Ltabel = 0,114 pada taraf signifikansi (a) = 0.05 untuk jumlah sampel (n) 60. Karena Lhitung= (0,046) < Ltabel = (0,114) maka variabel Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (42,04) > Ftabel (4,01), yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,06) < Ftabel (1,85) sehingga Fhitung< Ftabel maka dapat dinyatak bahwa model persamaan regresi adalah linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rhitung = 0,648. Uji-t menghasilkan thitung (6,48) > ttabel (1,979). Dengan demikian dapat dinyatakan koefisien korelasi rxy = 0,648 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 42,02%. Menunjukkan bahwa 42,02% variabel hasil belajar PPKn ditentukan oleh kompetensi profesional guru. Oleh karena itu, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru dengan hasil belajar PPKn. This study aims to obtain empirical data about the relationship between professional teachers competence with civic education learning outcomes on students of class VIII (eight) at SMP N 74 Jakarta. This research was conducted for 3 months starting from March 2017 until May 2017. The problem in this research are teachers only use lecture method and class condition when less active learning hour, while a teacher with professional competence is required to master lesson material, Can manage the learning program, can manage the classroom and utilize the media / learning resources. This research uses quantitative method with correlational approach. The number of samples in the study is as many as 60 respondents. The population in this study is the students of 8 D, E, F, H SMP Negeri 74 Jakarta, amounting to 136 students. To get teacher professional competence variable (X) is primary data using instrument in the form of questionnaire while for learning result variable (Y) use secondary data which get from daily value of civic education II. To obtain validity and reliability of the instrument in the trial to 31 respondents. Test requirements analysis is done to find the regression equation obtained is Ŷ = 13.64 + 0.92X. The results of normality test of Lilieforsvariable X yield Lcount = 0,087 and Ltabel = 0,114 at significance level (a) = 0,05 for sample number (n) 60. Because Lcount = (0,087) <Ltabel = (0,114) then variable X is normal distribution. While the results of the normality test lilieforsvariabel Y produce Lcount = 0.046 and Ltabel = 0,114pada significance level (a) = 0:05 to the number of samples (n) 60. Because Lcount = (0.046) <Ltabel = (0.114) then the hypothesis with a variable Y distribution normal. Testing The regression significance test yields Fcount (42.04)> Ftable (4.01), which means the regression equation is significant. The linear regression test yields Fcount (1.06) <Ftable (1.85) so Fcount <Ftable it can be concluded that the regression equation model is linear. Test of product moment correlation coefficient yield rcount = 0,648. Test-t produces tcount (6.48)> ttable (1.979). Thus it can be expressed that the correlation coefficient rxy = 0.648 is significant. The coefficient of determination obtained is 42.02%. Indicates that 42.02% of civic education output are determined by teacher professional competence. Therefore, it can be concluded that there is a significant influence between the professional competence of teachers with the results of learning civic education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd 2) Drs. M. Maiwan, Ph.D
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:23
Last Modified: 14 Apr 2022 05:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26643

Actions (login required)

View Item View Item