PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERUPA MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI TEORI KINETIK GAS

RUMAISHA AZZAHRA, . (2017) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERUPA MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI TEORI KINETIK GAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3215122030- RUMAISHA AZZAHRA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Modul Pembelajaran Fisika pada Android berbasis CTL pada materi Teori Kinetik Gas untuk kelas XI SMA/MA. Perangkat yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu Android Studio. Dalam melakukan penelitian digunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implement dan Evaluate). Modul Pembelajaran Fisika ini dikembangkan dengan data-data faktual, bahasa yang komunikatif, serta gambar yang menarik. Hasil uji kelayakan buku oleh ahli materi adalah 83,7%, ahli media 77,04%, dan ahli pembelajaran 88%. Sedangkan uji efektivitas oleh siswa SMA memperoleh skor gain sebesar 0,40526 atau interpretasi kenaikan skor Sedang. Dari hasil uji kelayakan dan uji efektivitas, maka dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Fisika pada Android Berbasis CTL pada Materi Teori Kinetik Gas dinyatakan layak sebagai sumber bahan ajar mandiri yang dapat meningkatkan pengetahuan siswa SMA. This research aim to develop Android-based Physics Instructional Module with CTL for Kinetic Theory of Gases as instructional media for high school students grade XI using Android Studio tools. This research use Research and Development method based on ADDIE (Analyse, Design, Development, Implement, and Evaluate). Physics Instructional Module developed with factual data, communicative language, and interesting pictures. The result of module proper test by content experts are 83,7%, media experts 77,04%, and instructional experts 88%. Meanwhile, the effectiveness test by students obtain gain score 0,40526 with Medium interpretation. Based on the results of proper test and effectiveness test, it can be concluded that Android-based Physics Instructional Module with CTL for Kinetic Theory of Gases is able to be instructional source that increase high school student's knowledge.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Vina Serevina, MM 2) Dr. Anggara Budi Susila, M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:42
Last Modified: 14 Apr 2022 05:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26660

Actions (login required)

View Item View Item